Jawa Pos

Anjurkan Kerja Bakti Pangkas Pohon

-

HUJAN deras disertai angin kencang diprediksi terjadi dalam beberapa hari ke depan. Sebanyak 122 pohon dilaporkan tumbang dalam dua hari terakhir. Badan penanggula­ngan bencana dan perlindung­an masyarakat (BPB) linmas mengimbau warga kerja bakti untuk memangkas tanaman di lingkungan tempat tinggal.

Kepala BPB Linmas Eddy Kristijant­o mengatakan, kecepatan angin yang menerpa wilayah Surabaya berkisar 150–300 kilometer per jam. Bencana hidrometeo­rologi itu bisa menumbangk­an pohon hingga tiang listrik. ”Tak terkecuali yang di permukiman. Kami harapkan ada kerja bakti dari seluruh warga Surabaya di kampung masing-masing,” katanya

Jika pemangkasa­n pohon terlalu sulit dan membutuhka­n petugas, RT/RW setempat bisa bersurat ke Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya. Namun, Eddy menyaranka­n agar warga kerja bakti.Sebab,tenagatimp­emangkasan pohon yang dimiliki DKRTH sedang sibuk-sibuknya beberapa hari ini.

Mereka berfokus mengevakua­si pohon tumbang.

BPB linmas juga menyaranka­n agar warga tak bepergian saat awan gelap mulai terlihat. Atau jika sudah hujan, lanjut dia, warga sebaiknya mencari tempat aman untuk berteduh sambil menunggu hujan reda. Sebab, pengendara bisa celaka jika tertimpa ranting pohon.

Selain itu, Eddy mengimbau agar warga tidak memarkir kendaraan di bawah pohon rindang. Sebab, sudah banyak mobil yang tertimpa pohon dalam dua hari terakhir. ”Jangan pula parkir atau berteduh di bawah reklame,” lanjut mantan Kabag Pemerintah­an itu.

Eddy menilai banyak reklame yang kondisinya harus ditinjau kembali meski mereka sudah berizin. Sebab, kualitas keamanan reklame bisa menurun seiring berjalanny­a waktu. Jika terjadi peristiwa darurat, Eddy mengimbau warga segera melapor ke CC 112. Tidak disarankan mengevakua­si pohon tumbang tanpa petugas. Sebab, bisa saja ada kabel listrik yang mengelupas dan membahayak­an.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? BASAH KUYUP: Tim Kadaka DKRTH Surabaya memotong-motong batang pohon yang besar untuk mempermuda­h pemindahan di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, kemarin (6/1).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS BASAH KUYUP: Tim Kadaka DKRTH Surabaya memotong-motong batang pohon yang besar untuk mempermuda­h pemindahan di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, kemarin (6/1).
 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? BASAH: Para pengendara menerobos genangan air di Jalan Raya Tandes kemarin sore (6/1).
RIANA SETIAWAN/JAWA POS BASAH: Para pengendara menerobos genangan air di Jalan Raya Tandes kemarin sore (6/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia