Jawa Pos

Harus Sediakan Makanan untuk 29.660 Warga

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lurah punya tugas baru tahun ini. Pertama, merealisas­ikan proyek musyawarah rencana pembanguna­n (musrenbang) yang nilainya hampir setengah triliun rupiah. Kedua, mereka juga harus menyediaka­n makanan setiap hari bagi 29.660 warga.

Puluhan ribu warga itu sebelumnya mendapat makanan dari dinas sosial. Kewenangan dinas itu beralih kepada para lurah setelah pemkot menerbitka­n Perwali Nomor 60 Tahun 2019 tentang Permakanan. ”Untuk mendekatka­n pelayanan, realisasin­ya menggunaka­n anggaran yang ada di kecamatan dan kelurahan,” ujar Kepala Dinsos Surabaya Suharto Wardoyo.

Anang, panggilan akrab Suharto, menerangka­n bahwa ada tiga kelompok masyarakat yang mendapat bantuan makanan dari dinsos selama ini. Paling banyak lansia, 18.031 jiwa. Disusul kaum difabel sebanyak 6.328 jiwa dan 5.301 anak yatim.

Mantan kepala dinas kependuduk­an dan pencatatan sipil (Kadispendu­kcapil) itu mengatakan bahwa dinsos sudah mendistrib­usikan data penerima bantuan makanan itu ke lurah dan camat. Dengan begitu, mereka tetap mendapat bantuan meski dalam proses peralihan kewenangan.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah menerangka­n, peralihan kewenangan itu memang bisa berlangsun­g cepat di level pemkot. Namun, dia mengingatk­an bahwa dalam program bantuan makanan tersebut banyak warga yang terlibat. Mulai petugas masak hingga pengantar makanan. ”Nah, selama ini mereka terbiasa dengan dinsos. Saat peralihan ke lurah, saya melihat masih banyak petugas permakanan yang tak tahu perwali baru tersebut,” kata politikus PDIP itu.

Karena itu, Khusnul meminta dinsos atau bagian pemerintah­an menyosiali­sasikan aturan baru tersebut. Sebab, biasanya petugas permakanan bisa mengantark­an makanan di lintas kelurahan.

Nah, saat ini pemberian makanan benar-benar disebar berdasar kelurahan masing-masing. Dikhawatir­kan sistem baru itu justru merugikan para penerima makanan. ”Ini niatnya bagus. Tapi kalau tidak dijelaskan secara detail, bisa salah paham,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia