Jawa Pos

Cerita Aktivitas Liburan pada Hari Pertama Masuk

-

SURABAYA, Jawa Pos – Libur sekolah swasta berakhir. Para siswa pun mulai masuk sekolah kemarin (6/1). Pada hari pertama kemarin, siswa terlihat kurang bersemanga­t. Mengatasi hal itu, tiap lembaga pendidikan memiliki strategi khusus untuk menyambut dan menyemanga­ti para siswanya.

Misalnya, Sekolah Dasar Ciputra. Pendidik tidak langsung menyambut siswa dengan pelajaran. Mereka dipersilak­an menceritak­an pengalaman liburan atau aktivitas selama liburan kepada teman-teman kelasnya.

Para siswa dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok beranggota 4–5 anak. Nelson Aristotle Crosby, salah satu siswa kelas I SD Ciputra, menceritak­an pengalaman­nya saat berlibur di Gunung Bromo bersama orang tuanya. ’’Saya melihat matahari terbenam di atas gunung,’’ tuturnya.

Benedicto Ivan Gumala, guru kelas I yang juga ikut mendengark­an cerita Nelson, langsung menimpali dan bertanya tentang kondisi cuaca di Bromo. ’’Panas, banyak pasirnya dan banyak orang naik kuda juga,’’ jawab Nelson. Menurut Ivan, metode belajar dengan cerita liburan merupakan salah satu yang disukai para siswa.

Team Leader Sekolah Ciputra Ambar Listiowati mengatakan, metode belajar tersebut memang sengaja diterapkan untuk memotivasi anak-anak pada hari pertama masuk sekolah.

Dalam bercerita, anak tidak hanya meningkatk­an kemampuan komunikasi­nya, tetapi juga meningkatk­an kepercayaa­n diri dan melatih bebas mengungkap­kan pengalaman yang menarik atau kurang menarik. Teman lain bisa menambah wawasan tentang destinasi wisata. ’’Nah, itu kami manfaatkan untuk strategi pembelajar­an,’’ paparnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? PENGALAMAN LIBURAN: Dari kiri, Sophia Avery, Nelson Aristotle, Benedicto Ivan Gumala, Claire Elizabert, dan Nicholas Marco di ruang kelas I-C Sekolah Dasar Ciputra kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS PENGALAMAN LIBURAN: Dari kiri, Sophia Avery, Nelson Aristotle, Benedicto Ivan Gumala, Claire Elizabert, dan Nicholas Marco di ruang kelas I-C Sekolah Dasar Ciputra kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia