Jawa Pos

Sekolah Berharap Deadline Diundur

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pendaftara­n registrasi lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT) berakhir hari ini. Namun, sejumlah siswa masih terkendala teknis untuk menuntaska­n registrasi akun hingga tahap permanen data. Penyebabny­a, server dari pusat sempat down.

Dari pantauan Jawa Pos di SMAN 16 Surabaya kemarin (6/1), beberapa siswa tidak bisa masuk ke laman resmi LTMPT sejak pukul 07.00. Akibatnya, cukup banyak siswa yang belum menuntaska­n registrasi akun LTMPT sehari sebelum ditutup.

Misalnya, Wahyu Satria Hartawan. Siswa kelas XII IPS itu mengatakan, sejak awal registrasi akun LTMPT dibuka, dirinya mengalami beberapa kendala. Salah satunya, masalah nomor induk siswa nasional (NISN). ’’Saya kesulitan untuk mencari NISN,” katanya.

Wahyu menjelaska­n, salah satu cara untuk mencari NISN adalah memasukkan nama lengkap, nama orang tua, dan tanggal lahir. Namun, data tersebut tidak terbaca. NISN tidak muncul. ’’Saya pikir nanti saja setelah ambil rapor. Sampai akhirnya, baru sempat ambil hari ini (kemarin, Red),” ujarnya.

Rencananya, Wahyu ingin menyelesai­kan registrasi akun kemarin pagi. Namun, sejak pagi hingga pukul 12.30, laman LTMPT tidak bisa diakses. ’’Saya coba terus, tetapi masih trouble,” katanya.

Wahyu khawatir tidak bisa registrasi akun LTMPT. Sebab, deadline pendaftara­n tinggal hari ini. Tanpa akun LTMPT, kesempatan untuk bisa mendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pun hilang. ’’Salah saya juga sih, terlalu lama menundanun­da untuk mendaftar,” ujarnya.

Operator LTMPT SMAN 16 Surabaya Maulandani mengatakan, total ada 347 siswa kelas XII. Data terakhir saat di-update, masih 50 siswa yang belum registrasi akun. ’’Yang terbaru belum bisa dicek karena server pusat sedang error,” kata dia.

Perempuan yang karib disapa Dani tersebut menuturkan, siswa yang sudah registrasi akun LTMPT sekitar 90 persen. Sementara itu, yang sudah permanen data sekitar 85 persen. ’’Masih ada beberapa yang belum mendaftar akun dan permanen data,” ujarnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? BELUM PERMANEN DATA: Sejumlah siswa SMAN 16 membuka laman LTMPT kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS BELUM PERMANEN DATA: Sejumlah siswa SMAN 16 membuka laman LTMPT kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia