Jawa Pos

Unair Tolak Dosen Asing Jadi Rektor

Harus Dosen Tetap, PNS, dan Doktor

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemilihan calon rektor (carek) 2020–2025 Universita­s Airlangga (Unair) mulai disosialis­asikan kemarin (6/1). Kegiatan tersebut menjadi langkah awal untuk menjaring calon rektor terbaik Unair. Kali ini, sosialisas­i menyasar pimpinan fakultas Unair.

Ketua Senat Unair Prof Joko Santoso menyatakan, tahapan sosialisas­i dilakukan hingga 9 Januari. Tidak hanya pimpinan fakultas dan badan pertimbang­an fakultas (BPF), sosialisas­i juga akan dilakukan ke seluruh dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidikan (tendik) Unair. ’’Sosialisas­i ini diharapkan dapat mengajak dosen-dosen terbaik Unair untuk mendaftar calon rektor pada 20–30 Januari,’’ katanya.

Joko menuturkan, dalam pemilihan carek tahun ini, diharapkan rektor 2020– 2025 tetap memberikan posisi pelayan, humble, dan menguasai manajemen secara umum. Begitu juga dunia pendidikan, pengabdian, serta pengembang­an Unair sesuai dengan era disrupsi.

Menurut Joko, pilrek 2020–2025 tidak berbedaden­gantahun-tahunsebel­umnya.Semua proses dilakukan dengan skema yang sama sesuai dengan statuta, peraturan menteri, senat, dan majelis wali amanat (MWA). ’ Yang membedakan hanya tahunnya,’ kata dia.

Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Rektor Prof Suryanto mengatakan, syarat pilrek 2020–2025 sudah ditetapkan. Selain usia tidak boleh di atas 60 tahun, carek harus berstatus dosen tetap, pegawai negeri sipil (PNS), dan doktor. ’’Tentu kriteria itu tidak mungkin ada untuk dosen asing,’’ ujarnya.

Tiga paket syarat tersebut sudah ada di dalam statuta Unair. Meski begitu, kesempatan mendaftar carek tidak hanya diperuntuk­kan di internal Unair, tetapi juga luar kampus. ’’Boleh dari kampus lain. Asal dia dosen tetap, PNS, dan doktor. Harus ada ketiganya,’’ katanya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? TAHAP AWAL: Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor Unair dr Hadi Subhan (kiri) dan Prof Suwarno melakukan sosialisas­i tahap pertama di Kampus C Unair kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS TAHAP AWAL: Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor Unair dr Hadi Subhan (kiri) dan Prof Suwarno melakukan sosialisas­i tahap pertama di Kampus C Unair kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia