Jawa Pos

Evakuasi Baliho agar Jaringan Listrik Aman

-

SURABAYA, Jawa Pos – Hujan deras disertai angin kencang mengakibat­kan baliho yang terpasang di reklame Jalan A. Yani copot dan hampir menyentuh kabel listrik. Mengantisi­pasi hal yang tak diinginkan, petugas PLN menurunkan baliho tersebut kemarin (6/1).

Manajer Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jatim Fenny Nurhayati menuturkan, baliho yang copot dari papan reklame bisa membahayak­an jaringan listrik. Bisa mengakibat­kan gangguan jaringan saluran udara tegangan menengah (SUTM) 20 kilovolt. ’’Itu juga bentuk upaya pengamanan terhadap right of way,’’ ujarnya. Dia menjelaska­n, right of way memiliki prosedur standar operasiona­l berupa ketentuan jarak antara jaringan dan material atau benda di sekitarnya. Yakni, harus berjarak sejauh 3 meter. Segala material berbentuk apa pun harus disingkirk­an dari kabel jaringan agar tidak membahayak­an warga saat terjadi gangguan pemadaman listrik.

’’Kalau ada pemadaman, kan pasti pelanggan ingin segera dinyalakan lagi. Nah, sebelum menyalakan, harus dilakukan inspeksi dan penelusura­n,’’ paparnya.

Fenny menambahka­n, inspeksi tersebut dilakukan per seksi. Dalam inspeksi itu, petugas harus memastikan bahwa setiap seksi jaringan PLN sudah aman dan bersih dari material lain. ’’Harus dipastikan betulbetul klir. Baru nanti bisa dinyalakan lagi. Sebetulnya kabel jaringan di Surabaya ini sudah terbungkus isolator. Tapi, material yang jatuh di sekitar jaringan bisa bergesekan dengan kabel sambungann­ya,’’ ungkapnya.

Fenny menyebutka­n, tantangan paling utama adalah petugas harus menghentik­an evakuasi material saat hujan petir terjadi. Dia pun mengajak warga untuk ikut aware sekaligus aktif. Terutama dalam memberikan informasi saat di lingkungan sekitarnya ada material yang jatuh menimpa jaringan PLN.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? HAMPIR MENYENTUH KABEL LISTRIK: Petugas PLN menurunkan baliho reklame yang copot di Jalan A. Yani kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS HAMPIR MENYENTUH KABEL LISTRIK: Petugas PLN menurunkan baliho reklame yang copot di Jalan A. Yani kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia