Jawa Pos

Overkapasi­tas, 13 Kendaraan Ditilang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dinas perhubunga­n (dishub) melakukan uji emisi pada angkutan barang dan penumpang di frontage road (FR) Ahmad Yani kemarin (6/1). Sebanyak empat kendaraan tidak lulus uji emisi. Sementara itu, 13 kendaraan dikenai sanksi tilang. Total 50 kendaraan diperiksa.

”Saat dites, empat kendaraan dinyatakan tidak lulus sesuai standar yang ditetapkan,” ucap petugas pengawasan dan pengendali­an Dishub Surabaya Bambang Indiyono kemarin.

Selain melakukan uji emisi, dishub memeriksa izin uji kendaraan dan muatan yang dibawa. Beberapa kendaraan ditilang karena memuat barang berlebihan. Ada juga yang ditilang karena tata cara muat yang keliru. Misalnya, pikap yang memuat bahan bangunan berupa tiang untuk kanopi. Barang tersebut ditata melebihi panjang kendaraan.

”Seharusnya, untuk bahan bangunan tidak menggunaka­n pikap,” kata Bambang. Untuk memuat tiang dan bahan bangunan, kendaraan yang digunakan seharusnya memiliki kapasitas di atas 7.000 jumlah berat yang diperboleh­kan (JBB). Nah, pikap hanya berkapasit­as memiliki 3.500 JBB.

Uji emisi itu dilaksanak­an rutin. Bekerja sama dengan Polrestabe­s Surabaya, pengecekan tersebut merupakan bagian dari pengendali­an lingkungan dan keamanan lalu lintas. ”Kendaraan yang tidak lolos uji emisi jelas akan membuat polusi lebih tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, muatan berlebih akan memperbesa­r risiko kecelakaan. Untuk itu, pemeriksaa­n rutin memang harus dilakukan.

Terkait muatan berlebih, Jawa Pos menghimpun data terkait meninggaln­ya salah seorang pengendara motor di Jalan Jagir Wonokromo pada Oktober lalu. Pengendara Tri Basuki tewas setelah menabrak besi bangunan yang diangkut pikap yang berhenti mendadak untuk menurunkan penumpang. Muatan besi yang dibawa pikap melebihi panjang kendaraan.

 ?? DISHUB FOR JAWA POS ?? RAZIA RUTIN: Petugas gabungan melakukan uji emisi bus yang melintas di frontage A. Yani kemarin.
DISHUB FOR JAWA POS RAZIA RUTIN: Petugas gabungan melakukan uji emisi bus yang melintas di frontage A. Yani kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia