Jawa Pos

Lombakan Kampung Bebas Narkoba

-

SURABAYA, Jawa Pos – Berbagai cara dijalankan untuk memerangi narkoba. Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya menggelar lomba kampung bebas narkoba. Lomba itu disosialis­asikan di Kecamatan Kenjeran kemarin (6/1).

”Ini baru pertama. Dalam rangka mengoptima­lkan pencegahan,” tutur Plt Kasi Rehabilita­si BNNK dr Singgih Widi Pratomo. Lomba tersebut bertajuk Surabaya Bersinar (Bersih Narkoba). Nah, yang menjadi objeknya adalah seluruh kelurahan di metropolis. ”Dua bulan ini kami akan berkelilin­g ke seluruh kecamatan untuk menyosiali­sasikan lomba itu,” terangnya.

Singgih menuturkan, pemenang lomba tersebut diumumkan pada Juni mendatang dalam perayaan Hari Antinarkob­a Internasio­nal (HANI) di Taman Surya. ”Juri akan menilai tiga kriteria untuk memilih kampung yang layak menjadi juara,” katanya.

Kriteria pertama, lanjut dia, adalah terbentukn­ya relawan antinarkob­a di kelurahan. Bukan hanya asal terbentuk. Melainkan juga aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya pemakaian narkoba. ”Harus menyentuh sampai tingkat RT,” ungkapnya.

Singgih melanjutka­n, poin kedua yang menjadi dasar penilaian adalah inovasi kelurahan dalam memerangi narkoba. Misalnya, memasang spanduk, mendirikan posko antinarkob­a, atau membuat yel-yel. ”Kriteria ketiga adalah kekompakan stakeholde­r di kelurahan,” ujarnya.

Menurut dia, perang terhadap narkoba tidak akan maksimal tanpa adanya kekompakan dari pemangku kebijakan. Singgih menyebut peran mereka sangat penting. ”Terutama lurah sebagai pimpinan tertinggi. Jika tidak mendukung penuh, hasilnya sudah pasti tidak maksimal,” jelasnya.

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? PERANGI MADAT: BNNK menyosiali­sasikan rencana lomba kampung bebas narkoba di Kenjeran kemarin.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS PERANGI MADAT: BNNK menyosiali­sasikan rencana lomba kampung bebas narkoba di Kenjeran kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia