Jawa Pos

Suka Golf karena Lebih Privat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sejak dua tahun terakhir, Saiful Pristiwant­o punya cinta baru dalam dunia olahraga. Pria 60 tahun itu sedang suka main golf. Menurut dia, olahraga tersebut menyenangk­an karena lebih privat dan tidak kompetitif. Bahkan, olahraga itu memberi manfaat lain. Yakni, mempererat persahabat­an.

”Saya memang rutin golf minimal sebulan sekali,” tutur pria yang berprofesi kontraktor itu ketika ditemui di kantor sekaligus rumahnya di kawasan Darmokali. Golf dianggap sebagai hobi dan strategi menjaga kebugaran di usia yang sudah kepala enam. Dia lantas menunjukka­n satu set stik golf yang biasa dia pakai. ”Yang di sini saya hanya punya satu, lainnya di rumah Ngagel,” tuturnya.

Saiful mengaku gemar olahraga sejak masih sekolah. Khusus golf, dia menggemari­nya sejak 1994. Namun, dia belum rutin melakukann­ya. Saat itu, dia lebih menyukai beberapa olahraga kompetisi seperti bulu tangkis dan tenis. Namun, kebiasaan tersebut berubah sejak dua tahun lalu.

Baginya, golf memiliki banyak manfaat selain manfaat kesehatan. Misalnya, mempererat pertemanan, melatih kesabaran, dan tempat melepas penat. Saiful kerap bermain golf dengan temanteman seangkatan­nya kuliah dulu. ”Di mana saja, tergantung yang ngajak,” tutur alumnus Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember itu. Namun, tempat favoritnya adalah Ciputra Golf, Club & Hotel.

Sehari-hari Saiful masih bekerja di kantor konsultan milik sendiri. Dia mengerjaka­n beberapa proyek. Misalnya,

membangun jembatan pada jalur kereta Medan–Rantau Prapat. Pria berkacamat­a itu juga bertekad untuk tetap bekerja meski sudah diimbau untuk pensiun oleh tiga anaknya. Menurut dia, bekerja sebagai wirausahaw­an tidak mengenal kata pensiun. ”Karena itu, saya juga mengimbau anak-anak untuk jadi wirausahaw­an dan alhamdulil­lah semuanya jadi,” ungkapnya.

Untuk mengisi kekosongan waktu, dia kerap berkumpul bersama komunitasn­ya. Bahkan, beberapa ruangan di kantornya dihibahkan untuk kepentinga­n komunitas. Di antaranya, komunitas wirausahaw­an muda, komunitas sosial, dan komunitas seni. ”Kebetulan saya juga pengagum beberapa karya seni seniman Surabaya. Jadi, saya merasa terpanggil untuk mewadahi mereka juga,” imbuhnya.

Menurut dia, di usia yang tak lagi muda, hendaknya lebih banyak melakukan kegiatan sosial. Baik hanya bersosiali­sasi maupun berbagi. ”Bagi saya, seluruh aktivitas saya ini merupakan kegiatan sosial, mulai kerjaan sampai hobi,” ungkapnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? OLAHRAGA SEKALIGUS ALAT MENJAGA PERSAHABAT­AN: Saiful Pristiwant­o menunjukka­n stik favoritnya saat ditemui di rumahnya kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS OLAHRAGA SEKALIGUS ALAT MENJAGA PERSAHABAT­AN: Saiful Pristiwant­o menunjukka­n stik favoritnya saat ditemui di rumahnya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia