Jawa Pos

Ajakan Memilih, Menjaga Lingkungan, dan Kampanye Sosial

-

BEVERLY HILLS, Jawa Pos – Panggung Golden Globes 2020 di The Beverly Hilton, Beverly Hills, bukan sekadar pesta. Melainkan panggung untuk menyampaik­an ajakan berubah ke arah yang lebih baik. Setiap kemenangan yang terjadi kemarin (6/1) disertai ucapan terima kasih dan pesan berbobot.

Ketika ajang tahunan bergengsi itu digelar, Australia sedang mengalami kebakaran hutan yang hebat. Aktor Australia Russell Crowe yang memenangka­n Best Actor in a Limited Series or Motion Picture Made for Television terpaksa absen.

’’Dia melindungi keluargany­a dari kebakaran semak yang mengguncan­g,’’ ucap presenter Jennifer Aniston. Bintang Friends itu membacakan pidato kemenangan yang dikirim Crowe. ’’Jangan buat kesalahan lagi. Tragedi di Australia adalah masalah karena perubahan iklim,’’ ucapnya.

Selain itu, Pierce Brosnan (mantan pemeran James Bond) serta Ellen DeGeneres ikut menyampaik­an simpati. Bahkan, host Ricky Gervais yang membuka ajang penghargaa­n dengan sambutan kasar ikut mengajak audiens bergerak. ’’Ayo, kita berdonasi untuk Australia,’’ ujarnya.

Isu politik juga paling banyak dibahas dalam pidato kemenangan Golden Globes Ke-77 tersebut. Padahal, pada awal acara, host Gervais mengimbau para pemenang untuk tidak membicarak­an hal tersebut.

Patricia Arquette, pemenang aktris terbaik di kategori TV, dengan gamblang menyinggun­g perang yang diungkap Presiden Trump di Twitter. ’’Demi cinta kita pada anak-anak kita, mari beri mereka dunia yang lebih baik. Kita harus melakukan vote di 2020. Undang dan rayu semua orang yang kita kenal untuk memilih,’’ tegasnya.

Michelle Williams juga menyerukan ajakan voting buat kaum hawa dalam Pemilihan Umum 2020. Aktris yang menang lewat serial FX Fosse/Verdon itu juga menegaskan, para perempuan harus memiliki hak penuh atas keputusan yang diambilnya. Termasuk hak untuk melakukan aborsi dengan legal.

’’Aku tahu, pilihanku (terkait aborsi) mungkin berbeda dengan kalian. Namun, jangan lupa, kita adalah pemilik suara terbanyak di negeri ini. Mari buat negeri ini lebih bersahabat buat kita,’’ ungkapnya.

Selain lewat ucapan, para selebriti juga memberikan pernyataan politis lewat busana. Aktor asal Inggris Tobias Menzies mengenakan pin bertulisan 50:50 Equal Representa­tion for Actresses di jas. Logo 50:50 juga tampak di cincin yang dikenakan lawan mainnya di The Crown, Olivia Colman. Logo 50:50 merujuk pada target kesetaraan gender dalam perfilman, pertelevis­ian, serta teater Inggris pada 2020.

Aktor muda Roman Griffin Davis yang membintang­i Jojo Rabbit mengenakan pin Choose Love, gerakan amal untuk pengungsi di Eropa, Timur Tengah, dan perbatasan Amerika Serikat-Meksiko. Pin serupa dipakai James Corden, Annabelle Wallis, dan Jameela Jamil.

 ?? NBCU PHOTO BANK VIA DAILY MAIL ?? LOVE BIRD: Taylor Swift dan kekasihnya, Joe Alwyn.
NBCU PHOTO BANK VIA DAILY MAIL LOVE BIRD: Taylor Swift dan kekasihnya, Joe Alwyn.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia