Jawa Pos

Kompensasi Bernilai Rp 484,9 M

-

ANTONIO Conte sudah nyaman di Inter Milan. Dia sudah melupakan momen pahitnya ketika ditendang dari Chelsea pada 13 Juli 2018. Namun, seiring terdepakny­a Conte dua tahun lalu, kemarin terungkap fakta yang mencengang­kan. Terutama yang berkaitan dengan kerugian The Blues –julukan Chelsea.

Klub dari London Barat itu harus menggelont­orkan GBP 26,6 juta (Rp 484,9 miliar) saat memberhent­ikan Conte. Angka tersebut terungkap dalam laporan finansial Chelsea untuk tahun 2018–2019. ’’Itu total dari biaya kompensasi bersama dengan biaya hukum yang dikeluarka­n setelah perubahan manajemen tim dan staf kepelatiha­n,’’ sebut Chelsea dalam pernyataan­nya.

Ya, angka sebesar itu tak hanya digunakan untuk membayar kompensasi Conte. Kompensasi harus diberikan karena saat itu Conte masih menyisakan durasi kontrak sampai 2019– 2020. Dia digantikan Maurizio Sarri yang hanya bertahan semusim di Stamford Bridge –markas Chelsea.

Nah, uang Rp 484,9 miliar tersebut dikeluarka­n untuk membayar kompensasi Conte plus staf pelatih di belakangny­a. Dari pelatih-pelatih yang a dadi belakang Conte saat itu, cuma Henrique Hillario dan Carlo Cudicini yang bertahan di London Cobham, kamp latihan C h el se a. Tetapi, itu tidak terjadi dengan ketiga tangan kanan Conte lainnya.

Angelo Alessio, Gianluca Conte, dan Paolo Vanoli ikut menemani Conte angkat koper. Apabila mengacu laporan The Times pasca-Conte menang gugatan di pengadilan tinggi pada Mei 2019, Chelsea diminta membayarka­n kompensasi kepada Conte sejumlah EUR 10,3 juta (Rp 159,5 miliar). Termasuk kompensasi pemecatan Conte, sejak Roman Abramovich berkuasa di Chelsea pada 2004 silam, total Chelsea sudah mengeluark­an uang hingga GBP 90 juta (Rp 1,63 triliun).

 ?? CAFARO/AP PHOTO ?? Antonio Conte
CAFARO/AP PHOTO Antonio Conte

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia