Jawa Pos

Kembangkan Karakter sebagai Gaya Hidup

Sekolah Kristen Gloria memberikan pendidikan holistik berlandask­an nilai Kristiani lewat empat pilar pendidikan. Yaitu, pengembang­an karakter, akademik, keterampil­an hidup (life skills), dan fisik.

-

MENDIDIK adalah membentuk anak. Pendidikan yang menyentuh seluruh aspek kehidupan lah yang mampu membantu anak mencapai kehidupan yang terbaik. Sekolah Kristen Gloria mengantar siswa mencapai kehidupan terbaiknya dengan sikap hormat dan takut akan Tuhan, sehingga kelak siswa mampu memberi kontribusi maksimal bagi keluarga, bangsa, dan negara.

Pengembang­an karakter adalah sebuah aspek penting dalam sebuah pendidikan yang utuh. Di Sekolah Gloria, pendidikan karakter dikembangk­an melalui enam nilai fundamenta­l bagi perkembang­an karakter siswa yang merupakan akronim dari kata Gloria. Yakni, Godliness, Life-long Learning, Obedience, Responsibi­lity, Integrity, dan Adaptabili­ty. Godliness mengajarka­n siswa untuk memiliki kesalehan hidup. Hal itu dilakukan lewat aktivitas kerohanian di sekolah.

Melalui life-long learning, siswa dididik tetap memiliki semangat untuk mengembang­kan diri dengan belajar seumur hidup. Sedangkan obedience mengajar siswa memiliki gaya hidup yang taat atau patuh.

Untuk responsibi­lity, siswa dilatih bertanggun­gjawab dalam melakukan segala tugasnya. Sedangkan integrity mengajar siswa konsisten kepada prinsip-prinsip penting dalam hidup, jujur, dan dapat dipercaya. Juga, adaptabili­ty mengajar siswa untuk memiliki daya juang dan kemampuan menyesuaik­an diri dengan baik di mana pun berada.

Semua itu dilakukan dengan konsep kelas kecil. Dengan demikian, memungkink­an guru-guru untuk memperhati­kan perkembang­an karakter setiap siswa dengan baik.

Padukan Kurikulum Nasional dan Metode Up-to-Date

Pengajaran di Sekolah Kristen Gloria berbasis kurikulum nasional yang dikembangk­an dengan metode pengajaran terkini. Hal tersebut sesuai dengan visi misi sekolah yakni memiliki kurikulum khas Sekolah Gloria yang up-to-date dan sesuai dengan kebutuhan siswa masa kini.

Selain terakredit­asi nasional, Sekolah Kristen Gloria terakredit­asi oleh ACSI Internatio­nal, sebuah lembaga kristiani yang telah mengakredi­tasi ribuan sekolah di dunia. Sekolah Gloria juga menjadi Cambridge Internatio­nal Assessment Center yang dapat membantu para siswa mengambil ujian bertaraf internasio­nal.

Life Skills dan Fisik (life skills)

Keterampil­an hidup penting untuk menjawab tantangan di zaman revolusi industri 4.0. Sekolah Kristen Gloria menekankan pendidikan life skills agar siswa mempunyai keterampil­an hidup, seperti berpikir kritis, leadership, komunikasi, sosialisas­i, problem solving, kreatif, inovatif, dan kesadaran teknologi.

Tak ketinggala­n, Sekolah Kristen Gloria memberi perhatian terhadap perkembang­an fisik siswa. Perhatian tersebut diimplemen­tasikan dengan cara menerapkan gaya hidup yang sehat. Salah satunya momen makan siang bersama. Karena menerapkan full day school, sekolah menyediaka­n menu makanan sehat setiap hari sesuai usia.

”Kami melihat bahwa makan siang di sekolah merupakan bagian dari pendidikan. Siswa dididik untuk menuntaska­n makannya, mampu beradaptas­i dengan menu sehat, membudayak­an antre, semangat kebersamaa­n, disiplin, dan tanggung jawab dengan mengembali­kan alat makan ke tempatnya,” terang Koordinato­r Umum Yayasan Pendidikan Kristen Gloria Yana Poedjianto.

Salah seorang alumnus Sekolah Gloria Christophe­r Tanihaha telah membuktika­n kiprahnya. Selepas dari SMA, dia melanjutka­n studi S-1 di Amerika dan S-2 di Milan, Italia. Berkat prestasiny­a di bidang desain, Christophe­r pernah didapuk sebagai juri bersama arsitek, desainer, sekaligus art director Giulio Cappellini untuk Master Interior Design Project Istituto Marangoni Milano.

”Bersekolah di Sekolah Kristen Gloria merupakan kebanggaan yang terus saya bawa ketika melanjutka­n studi ke luar negeri hingga bekerja di Italia,” kata pria yang mengenyam pendidikan sejak Kelompok Bermain hingga SMA di Sekolah Kristen Gloria tersebut.

 ?? SEKOLAH KRISTEN GLORIA FOR JAWA POS ??
SEKOLAH KRISTEN GLORIA FOR JAWA POS
 ?? SEKOLAH KRISTEN GLORIA FOR JAWA POS ?? EKSPLORASI SEKITAR: Siswa diajak belajar di luar sekolah untuk menambah wawasan dan keterampil­an (atas). Siswa juga didorong untuk terus mengasah kreativita­s.
SEKOLAH KRISTEN GLORIA FOR JAWA POS EKSPLORASI SEKITAR: Siswa diajak belajar di luar sekolah untuk menambah wawasan dan keterampil­an (atas). Siswa juga didorong untuk terus mengasah kreativita­s.
 ?? SEKOLAH KRISTEN GLORIA FOR JAWA POS ?? MULAI DARI HAL KECIL: Melalui makan siang bersama, siswa dididik untuk menuntaska­n makannya, beradaptas­i dengan menu sehat, membudayak­an antre, dan bertanggun­g jawab.
SEKOLAH KRISTEN GLORIA FOR JAWA POS MULAI DARI HAL KECIL: Melalui makan siang bersama, siswa dididik untuk menuntaska­n makannya, beradaptas­i dengan menu sehat, membudayak­an antre, dan bertanggun­g jawab.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia