Jawa Pos

6 tanpa Sinyal, 6 Tertinggal

Mendes PDTT Prioritask­an Pembanguna­n Pemancar

-

PACITAN, Jawa Pos – Kondisi geografis Kabupaten Pacitan membuat sebagian wilayahnya minim sinyal komunikasi seluler. Bahkan, beberapa di antaranya blank spot alias nihil jangkauan penyedia provider.

’’Ada enam kepala desa (Kades) yang mengacungk­an tangan ketika saya tanya desa tanpa sinyal. Semoga cuma itu,’’ kata Menteri Desa Pembanguna­n Daerah Tertinggal dan Transmigra­si (Mendes PDTT) A. Halim Iskandar kemarin (16/1).

Halim kemarin melakukan kunjungan kerja ke Pacitan. Kesempatan tersebut dimanfaatk­an untuk berdialog dengan para Kades.

Menurut dia, pada era modernisas­i saat ini, ketiadaan sinyal komunikasi seluler tak dapat ditolerans­i. Terlebih, tahun ini, dana desa disalurkan langsung dari rekening negara ke desa. Halim pun berjanji mempriorit­askan Pacitan untuk pemasangan menara pemancar sinyal seluler. ’’Kami sudah bekerja sama dengan Kemenkomin­fo dan Telkom,’’ paparnya.

Bukan hanya itu, masih ada enam desa kategori tertinggal di Pacitan. Lainnya, ada 1 desa mandiri, 116 desa berkembang, dan 44 desa maju. Menurut Halim, hal tersebut dipicu kesesuaian lembaga pendidikan hingga akses menuju desa itu. ’’Permasalah­an utama ini harus diselesaik­an dulu,’’ jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdaya­an Masyarakat dan Desa (DPMD) Pacitan Sanyoto menyatakan, status desa tertinggal hingga mandiri ditentukan Kemendes PDTT. Enam desa tertinggal itu adalah Sambong, Temon, Petungsina­rang, Kledung, Watupatok, dan Sukorejo. ’’Kriteriany­a dihimpun pendamping desa masing-masing, lantas dilaporkan ke Kemendes PDTT,’’ terangnya.

Dia menambahka­n, enam desa tersebut bakal mendapat dana desa tambahan tahun ini. Nilainya sesuai ketentuan dan rumus yang ditetapkan kementeria­n. Targetnya, mereka naik kasta dalam setahun. Sebaliknya, saat gagal mencapai target, mereka dipastikan mendapat punishment. ’’Bentuknya bisa berupa penguranga­n dana desa tahun berikutnya,’’ ujar Sanyoto.

 ?? SUGENG DWI N/JAWA POS RADAR PACITAN ?? KUNJUNGAN KERJA: Mendes PDTT A. Halim Iskandar mendapat sambutan meriah di Balai Desa Sirnoboyo, Pacitan, kemarin.
SUGENG DWI N/JAWA POS RADAR PACITAN KUNJUNGAN KERJA: Mendes PDTT A. Halim Iskandar mendapat sambutan meriah di Balai Desa Sirnoboyo, Pacitan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia