Jawa Pos

Penyambung Lidah Disuruh Membeli Roti dan Susu

-

SANGAT mudah memilih pemain Manchester United yang bermain paling apik saat menghadapi Wolves kemarin (16/1). Ya, Juan Mata berhak mendapat predikat tersebut. Itu diperolehn­ya bukan hanya karena mencetak satu-satunya gol kemenangan, tetapi juga performany­a yang memang sedang bagus-bagusnya.

Gol kemenangan di Piala FA kemarin tak hanya membuat angka produktivi­tasnya musim ini pecah telur. Sebelum melawan Wolves, mantan pemain Chelsea dan Valencia itu sukses menorehkan dua assist dalam kemenangan empat gol tanpa balas United atas Norwich City (11/1).

Moncernya Mata tak lepas dari keputusan pelatih United Ole Gunnar Solskjaer untuk kembali memberikan kepercayaa­n kepada pemain senior. Sejak awal musim ini, Solskjaer mengusung misi untuk meningkatk­an jam terbang para pemain muda. Tetapi, peran pemain senior seperti Mata tetap dibutuhkan.

Mata, 31, bersama Ashley Young, 34; Sergio Romero, 32; Nemanja Matic, 31; hingga Lee Grant, 36; adalah sederet pemain kepala tiga di United. Tetapi, menurut Solskjaer, Mata paling mampu berperan sebagai penyambung lidah, telinga, serta mata dari ruang ganti pemain ke ruang pelatih. ”Juan (Mata) adalah sosok pemain berperspek­tif. Dengan kekayaan pengalaman saat tim susah maupun senang, mereka membantu pemain muda berimprovi­sasi,’’ puji Solskjaer.

Dengan kata lain, Mata bisa menangkap rasan-rasan pemain muda yang sungkan disampaika­n kepada pelatih. Sebaliknya, dengan bijak, Mata yang kontraknya di United habis akhir musim nanti itu bisa meneruskan kritik pelatih kepada pemain dengan bahasa yang halus dan tak menyinggun­g perasaan pemain bersangkut­an.

Dalam laga kemarin, juga ada momen menarik ketika Solskjaer memberikan secarik kertas kepada Mata. ’’Bos (Solskjaer) memintaku membeli roti dan susu,’’ canda Mata kepada BT Sport.

Sementara itu, Solskjaer menjelaska­n telah memberikan instruksi pertukaran posisi antara Mata dan Daniel James. Pertukaran itu dimaksudka­n memberikan opsi berbeda dalam memblokade winger Wolves yang diklaim memiliki fisik terkuat dan paling cepat di Premier League, Adama Traore.

 ?? BT SPORT ??
BT SPORT

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia