Jawa Pos

Kiper Komplet, Skuad Sudah 95 Persen

-

SECARA resmi, ada 23 pemain yang telah mengikat kontrak dengan Persebaya. Perinciann­ya, 15 pemain lama dan 6 pemain baru. Dua lainnya merupakan pemain yang promosi dari Persebaya U-20. Yakni, Ernando Ari Sutaryadi (kiper) dan Rizky Ridho (bek). ’’Skuad kami sudah 95 persen. Komposisi di bawah mistar dan bek kiri juga sudah komplet,” ungkap pelatih Persebaya Aji Santoso.

Sudah komplet? Bukankah di posisi penjaga gawang baru ada Ernando? Di posisi bek kiri, selepas kepergian Ruben Sanadi, Persebaya belum mematenkan satu pun bek kiri. ’’Untuk kiper, sambil menunggu kedatangan Angga Saputra, tadi siang (kemarin, Red) saya sudah deal dengan satu kiper,” terang Aji.

Namun, pelatih asal Malang itu memilih merahasiak­an namanya. ”Bukan Dwi Kuswanto. Yang jelas, dia kiper utama di Liga 1 musim lalu,” katanya. Dari deretan kiper utama yang masa depannya masih jadi tanda tanya, ada nama Rivky Mokodompit yang musim lalu berkostum PSM Makassar serta Daryono yang sebelumnya membela Perseru Badak Lampung FC.

Kepada Jawa Pos, Daryono mengaku tak pernah berkomunik­asi dengan Persebaya. ”Sepertinya tidak. Soalnya, saya masih ngurus surat pindah istri,” ujarnya.

Mengacu pernyataan Daryono, bisa jadi Rivky-lah nama yang dirahasiak­an Aji. Atau bisa jadi kiper Badak Lampung FC lainnya, Yoewanto Setya Beny. Sebab, sepanjang musim lalu, dia bermain 12 kali. ”Kalau sudah datang, pasti kami beri tahu,” ucap Aji.

Lalu, bagaimana dengan bek kiri? Persebaya sudah menjalin kesepakata­n dengan mantan pemain Arema FC Nasir. Bahkan, bek asal Tuban tersebut sudah ikut berlatih bersama Persebaya di Stadion Universita­s Negeri Yogyakarta (UNY). ”Sambil menunggu Abduh (Lestaluhu), saya ambil Nasir,” jelas Aji.

Mantan pelatih Persela Lamongan itu bernegosia­si sendiri dengan Nasir. Kebetulan, Nasir adalah mantan anak buah Aji ketika melatih Arema FC. ”Tanggal 14 Januari malam, saya deal dengan Nasir. Saya kontak dia setelah saya membaca koran bahwa dia sudah tidak bersama Arema,” papar Aji. Dengan bergabungn­ya Angga, Abduh, Nasir, satukipery­angnamanya­masihdirah­asiakan, dan bek naturalisa­si Mountala Zoubairou Garba, maka Persebaya sudah memiliki 28 pemain.

 ??  ?? TENAGA BARU: Nasir berlatih bersama skuad Persebaya di Stadion Universita­s Negeri Yogyakarta kemarin.
TENAGA BARU: Nasir berlatih bersama skuad Persebaya di Stadion Universita­s Negeri Yogyakarta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia