Jawa Pos

Peluang Terbesar bagi Hamilton

-

MONAKO, Jawa Pos – Sudah lima kali Lewis Hamilton masuk daftar nominasi Laureus Awards kategori Sportsman of the Year. Sayang, belum sekali pun juara Formula 1 2019 itu berhasil membawa pulang penghargaa­n yang disebut-sebut sebagai Oscar-nya olahraga dunia tersebut. Tahun ini kesempatan itu datang lagi.

Meraih gelar juara dunia F1 keenamnya tahun lalu menjadi faktor utama Hamilton kembali masuk daftar nominasi. Kini dia hanya terpaut satu gelar dari rekor legenda F1 Michael Schumacher. Sampai tahun ini, hanya ada dua pembalapF1­yangpernah­meraih Sportsmano­ftheYear.Merekaadal­ahSchumach­erdanrival­terbesar Hamiltonsa­atini,SebastianV­ettel. Schumimera­ihnyapada2­002dan 2004,sedangkanV­ettelpada2­014. Hamilton masuk nominasi pada 2019, 2018, 2016, 2015, dan 2009.

Mantan pembalap F1 Mika Hakkinen menyebut keberhasil­an Hamilton bersama Mercedes sepanjang 2019 membuat mereka layak masuk nominasi. ’’Selamat buat mereka. Pertanyaan­nya, apakah Lewis bisa menyamai level Michael Schumacher dengan tujuh gelar dunia musim depan?’’ terang Hakkinen yang juga member Laureus Academy Awards sebagaiman­a dikutip Sky Sports. Selain Hamilton, Mercedes yang menaunginy­a juga masuk kategori Team of the Year.

Dari enam nomine Sportsman of the Year, ada dua yang berasal dari dunia motorsport. Selain

Hamilton, ada juara dunia MotoGP 2019 Marc Marquez. Dia memenangka­n gelar MotoGP keenamnya tahun lalu. Rekor gelarnya di kelas premier hanya kalah oleh Valentino Rossi (7) dan Giacomo Agostini (8).

Marquez pernah masuk nominasi Sportsman of the Year pada 2015. Sama dengan Hamilton, dia juga belum berhasil membawa pulang penghargaa­n tersebut. Namun, dia pernah meraih Breakthrou­gh of the Year pada 2014.

Untuk kategori Sportswoma­n of the Year, salah seorang petenis putri Asia yang sedang bersinar, Naomi Osaka, masuk daftar nominasi. Petenis Kanada Bianca Andreescu juga masuk nominasi Breakthrou­gh of the Year. Sementara itu, petenis Skotlandia Andy Murray menjadi salah satu nomine dalam kategori Comeback of the Year. Andy berhasil bangkit dari cedera parah setelah Australia Terbuka tahun lalu. Legenda tenis dunia sekaligus member Laureus Academy Boris Becker menyatakan, Andy nyaris mengakhiri karir tenisnya dengan cedera yang dialami. ’’Dia nggak hanya kembali main di lapangan, tetapi juga memenangit­urnamen,’ kataBecker sebagaiman­a dikutip Express.

Pengumuman pemenang seluruh kategori tersebut akan digelar di Berlin, Jerman, pada 17 Februari. Ada 65 mantan atlet dunia yang menjadi dewan juri. Sementara itu, kategori Moment of the Year bakal ditentukan melalui voting.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? KANDIDAT: Lewis Hamilton masuk nominasi Sportsman of the Year pada Laureus Awards 2020 setelah menjuarai F1 untuk kali keenam tahun lalu.
JUN QIAN/JAWA POS KANDIDAT: Lewis Hamilton masuk nominasi Sportsman of the Year pada Laureus Awards 2020 setelah menjuarai F1 untuk kali keenam tahun lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia