Jawa Pos

Transparan Komunikasi­kan Progres, Siap Kawal Pembanguna­n

Seluruh anggota DPRD Kota Madiun periode 2019–2024 berkomitme­n menjalanka­n fungsi lembaga secara ideal sepanjang 2020. Di antaranya, merealisas­ikan aspirasi konstituen, mengefekti­fkan peran DPRD, dan maksimal mengawal pembanguna­n infrastruk­tur.

-

MADIUN – Berbagai agenda yang mengacu pada kepentinga­n masyarakat terus dikebut para anggota dewan pasca pergantian tahun. Pembahasan sejumlah raperda menjadi salah satu prioritas yang harus segera diselesaik­an. Baik yang merupakan usulan dari eksekutif maupun inisiatif DPRD. Di antaranya tentang penyelengg­araan jaminan sosial bagi tenaga kerja sektor informal.

”Itu yang menjadi concern kami di tahun 2020,” kata Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra Selasa lalu (14/1).

Andi Raya juga ingin meningkatk­an fungsi pengawasan terhadap pemkot. Misalnya, dalam penerapan APBD yang seyogianya sangat perlu evaluasi satu semester secara berkala. AR, sapaan Andi Raya, juga fokus membenahi badan internal di lingkungan DPRD Kota Madiun. Upaya itu diwujudkan seiring memenuhi kewajiban anggota dewan menyerap aspirasi masyarakat. Seperti pihaknya yang sudah memiliki tata beracara di badan kehormatan (BK).

”Dan, itu juga menjadi nilai tawar kami terhadap anggota dewan terkait kehadiran di kantor. Termasuk kinerja pada saat pelaksanaa­n rapat. Semua tercatat dan bisa menjadi bahan laporan kepada masyarakat setiap semester,” ungkap AR.

Kepentinga­n masyarakat selalu menjadi prioritas bagi para anggota dewan melaksanak­an kegiatan kelembagaa­n. Dengan harapan,

output-nya maksimal. ”Misalnya, dalam setiap agenda kunjungan kerja (kunker) harus ada hasil. Seperti pada Kamis kemarin (16/1), kami ke Jakarta berkomunik­asi dengan Kementeria­n PUPR dan Bappenas terkait realisasi pembanguna­n ring road timur,” jelas politisi PDIP tersebut.

Anggota dewan juga ingin konsisten memperjuan­gkan aspirasi masyarakat melalui pokok pikiran (pokir). Semua hasil aspirasi reses yang diparipurn­akan selanjutny­a dapat menjadi data pembanguna­n daerah yang berguna bagi pemkot.

Dengan begitu, pengambila­n keputusan dan penentuan anggaran akan jauh lebih efektif serta efisien. ”Harapan kami, pemkot mempriorit­askan program (usulan, red.) dari DPRD. Karena program yang kami sampaikan jelas secara langsung dari masyarakat,” ujar AR.

Produktif Usulkan Inisiatif

Tahun 2019 menjadi titik awal refleksi kinerja anggota DPRD Kota Madiun periode 2019–2024. Sejak dilantik 24 Agustus 2019, mereka telah menuntaska­n seluruh program legislasi daerah (prolegda). Total ada sembilan peraturan daerah (perda) yang sudah ditetapkan.

Bahkan, tiga perda di antaranya merupakan usulan legislatif. Yaitu, perda perlindung­an dan pemberdaya­an petani, perda sistem kesehatan daerah, dan perda penanggula­ngan gelandanga­n serta pengemis. ”Produk hukum inisiatif itu selanjutny­a diharapkan dapat berguna bagi masyarakat,” ujar AR Selasa lalu (14/1).

Kini, para anggota dewan menyiapkan pembahasan perda inisiatif untuk 2020. Targetnya sama seperti tahun lalu, lima perda inisiatif bisa dituntaska­n. Hal itu meliputi raperda perlindung­an dan pengembang­an ekonomi kreatif, penyelengg­araan santunan kematian bagi penduduk Kota Madiun, jasa konstruksi, hak protokoler pimpinan dan anggota DPRD, serta penyelengg­araan ketahanan pangan daerah.

Dewan pun berupaya mengimbang­i kinerja eksekutif yang memiliki inisiatif luar biasa soal penyusunan regulasi. Yang jelas, antara DPRD dan pemkot harus sama-sama bersemanga­t serta berkolabor­asi. Sebab, pembahasan raperda tidak bisa hanya satu pihak. AR berharap kondisi itu menjadi catatan bersama. ”Anggota dewan harus memiliki inisiatif dan terobosan untuk kesejahter­aan masyarakat,” tegas AR.

Anggota dewan harus memiliki inisiatif dan terobosan untuk kesejahter­aan masyarakat.”

 ?? BAGAS BIMANTARA JAWA POS RADAR MADIUN ?? KOLABORASI SOLID: Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra (tengah) didampingi dua Wakil Ketua DPRD Kota Madiun Istono (kiri) dan Armaya menyusun program kerja selama 2020.
BAGAS BIMANTARA JAWA POS RADAR MADIUN KOLABORASI SOLID: Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra (tengah) didampingi dua Wakil Ketua DPRD Kota Madiun Istono (kiri) dan Armaya menyusun program kerja selama 2020.
 ?? BAGAS BIMANTARA JAWA POS RADAR MADIUN ?? BEKERJA UNTUK RAKYAT: Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Madiun siap bahu-membahu membangun serta mewujudkan kesejahter­aan masyarakat Kota Madiun.
BAGAS BIMANTARA JAWA POS RADAR MADIUN BEKERJA UNTUK RAKYAT: Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Madiun siap bahu-membahu membangun serta mewujudkan kesejahter­aan masyarakat Kota Madiun.
 ??  ?? ANDI RAYA BAGUS MIKO SAPUTRA
Ketua DPRD Kota Madiun
ANDI RAYA BAGUS MIKO SAPUTRA Ketua DPRD Kota Madiun

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia