Jawa Pos

Sosialisas­i Pilwali Makin Masif

-

SURABAYA, Jawa Pos – Maskot resmi pilwali Surabaya, Siboy dan Siro, kembali diperkenal­kan kepada publik dalam sosialisas­i di KPU Surabaya kemarin (16/1). Maskot tersebut bakal mewarnai perjalanan menuju coblosan pilwali Surabaya pada 23 September.

Sosialisas­i dengan peserta para awak media cetak dan elektronik itu menghadirk­an langsung juri lomba maskot, Wahyu Kokkang. Dia menjelaska­n detail pendaftara­n hingga pengumuman pemenang yang telah dilakukan pada akhir Desember lalu. ’’Desain yang dipilih yang simpel karena nanti diaplikasi­kan di banyak media sosialisas­i. Tapi, tetap membawa ciri khas Suroboyo,’’ ungkapnya.

Dia berharap, setelah disosialis­asikan kepada awak media, maskot, mars, dan jingle itu bisa semakin masif dipublikas­ikan kepada masyarakat umum. Terutama untuk media sosialiasi pilwali. ’’Banyak cara yang bisa ditempuh. Misalnya, mengganden­g influencer atau penggiat medsos,’’ katanya.

Anggota KPU Surabaya Subairi mengungkap­kan bahwa sosialisas­i pilwali pada 2019 dengan metode tatap muka sudah dilakukan sebanyak 34 kali. Pada 2020 ini sosialiasi akan dilaksanak­an secara bergelomba­ng. ’’Makin dekat pilwali nanti makin sering sosialisas­i tahapan,’’ ujarnya.

Pria kelahiran Sampang itu menyatakan, sosialisas­i tersebut melibatkan banyak pihak. Mulai organisasi kemasyarak­atan, akademisi, hingga berbagai kelompok masyarakat. ’’Termasuk teman-teman wartawan hari ini (kemarin, Red) juga kami sosialisas­ikan agar gebyar pilwali makin terasa,’’ ucapnya.

Anggota KPU Surabaya Soeprayitn­o menuturkan, maskot itu membuat pilwali semakin semarak. Dia mengibarat­kan maskot tersebut sebagai tambahan telor dalam jamu. ’’Kalau jamu sudah pakai telor, pasti lebih mantap,’’ jelasnya.

 ?? ALFIAN/JAWA POS ?? BIKIN MARAK: Komisioner KPU Suprayitno (kiri) dan Subairi (tengah) berbincang dengan juri lomba desain maskot pilwali Wahyu Kokkang dalam launching kemarin.
ALFIAN/JAWA POS BIKIN MARAK: Komisioner KPU Suprayitno (kiri) dan Subairi (tengah) berbincang dengan juri lomba desain maskot pilwali Wahyu Kokkang dalam launching kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia