Jawa Pos

Panwascam Awasi Ketat Rekrutmen PPK

-

SURABAYA, Jawa Pos – Panitia pengawas kecamatan (panwascam) mendapatka­n tugas pertama mereka untuk mengawasi rekrut_ men panitia pemilihan kecamatan (PPK). Salah satu objek pengawasan itu terkait dengan pengumuman rekrutmen tersebut. Ternyata, belum semua kecamatan memasang pengumuman rekrutmen panwascam.

Ketua Bawaslu Surabaya M. Agil Akbar mengungkap­kan, hasil pengawasan awal itu sekaligus memastikan kesiapan para panwascam dalam bekerja. Sebab, cukup banyak anggota panwascam yang merupakan orang baru.

”Mereka sudah kami beri bimbingan teknis. Termasuk untuk melaporkan secara berkala hasil pengawasan. Karena rekrutmen PPK ini masih tahap pengumuman, teman-teman panwascam pun melaporkan hasil temuannya,” ungkap Agil. Pengawasan tahap rekrutmen PPK itu menjadi semacam warming-up untuk melihat kegiatan para anggota panwascam.

Dari hasil pengawasan hingga kemarin sore (16/1), sedikitnya ada lima kecamatan yang belum menempel pengumuman rekrutmen PPK. Yakni, Wonocolo,

Tenggilis Mejoyo, Benowo, Kenjeran, dan Sukomanung­gal. ”Masih ada tujuh kecamatan lagi yang belum melapor,” tambah dia.

Anggota Bawaslu Surabaya Hadi Margo Sambodo menambahka­n, panwascam se-Surabaya sudah diminta membuka posko pengaduan di kantor sekretaria­t masing-masing terkait dengan rekrutmen PPK. Mereka juga diminta aktif bergerak ke masyarakat. ”Semua bentuk pengawasan ini untuk menjaga kualitas pilwali Surabaya yang makin baik. Jadi, dimulai dari para penyelengg­aranya yang diawasi sejak dini,” ujar Hadi.

Sementara itu, anggota KPU Surabaya Subairi menyatakan bahwa mereka sudah bersurat ke seluruh kecamatan untuk meminta bantuan agar pengumuman rekrutmen PPK ditempel di papan informasi masing-masing kecamatan. Dia menyebutka­n, hasil pengawasan panwascam itu tentu akan menjadi bahan masukan untuk KPU. ”Kami datangi satu per satu kecamatan untuk mengecek apakah sudah ada pengumuman rekrutmen PPK itu. Kalau belum, ya diminta segera ditempel,” katanya.

Mereka sudah kami beri bimbingan teknis. Termasuk untuk melaporkan secara berkala hasil pengawasan.’’ M. AGIL AKBAR Ketua Bawaslu Surabaya

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia