Jawa Pos

Tambah Ruang Kelas, Lengkapi Fasilitas

Target Rampung sebelum Tahun Pelajaran Baru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Untuk menunjang aktivitas belajarmen­gajar di sekolah, pemkot terus memperbaik­i dan menambah sarana-prasarana. Mulai merenovasi gedung, menambah ruang kelas, hingga melengkapi fasilitas yang diperlukan. Di kawasan Surabaya Barat, ada lima sekolah yang siap dibangun.

Lima gedung sekolah itu meliputi tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Perinciann­ya, dua sekolah di Kecamatan Tandes dan tiga sekolah di Kecamatan Sukomanung­gal.

Salah satu sekolah yang siap dibangun adalah SMPN 25, Jalan

Simo Mulyo. Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Kristian Maharhando­no menyatakan, pembanguna­n gedung seluas 530 meter persegi itu meliputi pengerjaan lantai 3 sekaligus penutup atapnya.

Nanti dibangun ruang kelas baru (RKB) dan toilet. ’’Berdasar kebutuhan para calon siswa, ada kebutuhan lima RKB,’’ katanya. Saat ini sudah ada pemenang lelang. Penandatan­ganan kontrak dilaksanak­an Rabu (15/1). ’’Sekarang masuk tahap pertama pengerjaan. Setelahnya ada pembanguna­n tahap kedua ,’’ lanjutnya.

Iman menguraika­n, anggaran yang dialokasik­an untuk pembanguna­n di lima sekolah berbeda satu sama lain. Bergantung kebutuhan. Untuk SMPN 25, total anggaran sekitar Rp 1,5 miliar. Targetnya, pembanguna­n rampung sebelum tahun pelajaran baru 2020–2021.

Dari lima sekolah tersebut (lihat grafis), ada satu sekolah yang masih masuk tahap persiapan lelang. Yakni, SDN Simomulyo 8. Di empat sekolah lain, pemenang lelang telah ditetapkan. Tinggal jaminan pelaksanaa­n dan penandatan­ganan kontrak. Total anggaran untuk pembanguna­n SDN Simomulyo 8 berkisar Rp 1 miliar.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? BERDASAR KEBUTUHAN: Lantai 3 gedung SMPN 25 siap dibangun.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS BERDASAR KEBUTUHAN: Lantai 3 gedung SMPN 25 siap dibangun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia