Jawa Pos

Jalan Pengampon VIII Ambles gara-gara Drainase

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n drainase yang tidak benar membuat struktur tanah Jalan Pengampon VIII, RT 8, RW 10, Pabean Cantian, bergelomba­ng. Kerusakan terjadi sejak awal bulan ini. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya berjanji menegur kontraktor dan melakukan perbaikan.

Ketua RT 8 Muhammad Idri menyatakan, paving di ruas Jalan Pengampon VIII bergelomba­ng. Bahkan sampai ambles. Peristiwa tersebut baru kali pertama terjadi. Kerusakan disebabkan pembanguna­n drainase yang tidak benar pada November lalu. Guncangan keras dari alat berat membuat struktur tanah di Jalan Pengampon VIII bergeser. Bahkan sampai membuat hancur material dinding beberapa rumah di lokasi tersebut.

’’Pekerja sudah ditegur. Mereka (pekerja, Red) berjanji bertanggun­g jawab dan segera memperbaik­inya,’’ katanya. Namun, kenyataann­ya, mereka langsung meninggalk­an lokasi. ’’Beberapa bekas material pekerjaan dibiarkan begitu saja,’’ lanjutnya kemarin (16/1).

Kasi Pembanguna­n Kelurahan Bongkaran Subyakto mengaku baru mengetahui kondisi tersebut. Sebelumnya, warga tidak melaporkan kepada pihaknya. Namun, dia mengakui pembanguna­n drainase di Jalan Pengampon VIII tidak berjalan secara maksimal. Para pekerja dinilai kurang profesiona­l dalam bertugas. Ada beberapa rumah di Jalan Pengampon VIII yang rusak. ’’Waktu pelaksanaa­n, para pekerja sudah kami tegur. Lalu, kami pun telah melaporkan peristiwa itu ke DPUBMP,’’ katanya.

Kabid Jalan dan Jembatan DPUBMP Surabaya Ganjar Siswo Pramono menegaskan bahwa pihaknya sudah menegur rekanan. Dalam surat peringatan tersebut, kontraktor diminta menyelesai­kan pekerjaan secara tuntas. Termasuk memperbaik­i kerusakan di Jalan Pengampon VIII.

’’Setelah pembanguna­n selesai, kontraktor masih mempunyai tanggung jawab terkait pemelihara­an selama satu tahun. Jadi, mereka harus bertanggun­g jawab dengan kondisi yang terjadi,’’ ujarnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? TUNGGU TANGGUNG JAWAB REKANAN PROYEK: Salah seorang warga menyapu di dekat Jalan Pengampon VIII yang ambles.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS TUNGGU TANGGUNG JAWAB REKANAN PROYEK: Salah seorang warga menyapu di dekat Jalan Pengampon VIII yang ambles.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia