Jawa Pos

Kenalkan Makanan Vegan Jadi Gaya Hidup

-

SURABAYA, Jawa Pos – Menjadi vegetarian bukan berarti tidak bisa makan enak. Saat ini sudah banyak jenis makanan yang biasanya menggunaka­n protein hewani, tetapi bisa dinikmati kalangan vegan, sebutan untuk pelaku vegetarian. Tentu protein hewani sudah disubstitu­si dengan bahan lain.

Beragam makanan tersebut disajikan dalam Vegan Festival yang mengambil tema Selamatkan Bumi, Selamatkan Kehidupan di Exhibition Hall Grand City kemarin (16/1).

Salah satunya adalah kudapan panada. Itulah roti goreng yang diisi irisan kentang dan daging. Bahan daging diganti protein dari kedelai yang rasanya menyerupai daging. Dua isian tersebut dimasak bersama bumbu kari.

’’Roti juga tidak pakai susu dan telur. Jadi, ini bisa buat camilan vegetarian,’’ ujar Berliany, salah seorang pemilik stan. Selain itu, ada kudapan seperti bakpao isi wijen hitam, daging nabati, dan jamur.

Ketua Pengurus Indonesia Vegetarian Society (IVS) Jawa Timur Susanto menuturkan, salah satu misi utama yang diusung Vegan Festival setiap tahun adalah mengenalka­n makanan sehat sebagai gaya hidup yang baik sekaligus bisa jadi terapi kesembuhan. Terlebih, saat ini mulai banyak kematian dini yang disebabkan penyakit degenerati­f. Misalnya, kencing manis, ginjal, serangan jantung, maupun stroke.

’’Dengan pola makan yang benar, kita bisa mengajak masyarakat punya kualitas hidup yang lebih baik. Juga, menyelamat­kan bumi yang kita tinggali bersama,’’ tuturnya.

Chandra Putra Negara, salah seorang influencer sekaligus vegan, mengungkap­kan bahwa saat ini kesadaran untuk menjadi vegan sudah tumbuh pesat. Makin banyak restoran vegetarian. Begitu juga anak-anak sekolah yang menjadi vegetarian karena mulai tumbuh kesadaran tentang kesehatan.

’Apalagi, sebetulnya mencari makanan vegan itu sangat mudah sekali. Pecel, gado-gado, lalapan, tempe,’ katanya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? MAKANAN SEHAT: Chandra Putra Negara berbincang dengan Berliany (kanan) di acara Vegan Festival kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS MAKANAN SEHAT: Chandra Putra Negara berbincang dengan Berliany (kanan) di acara Vegan Festival kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia