Jawa Pos

Bawa Lukisan untuk Milenial

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sekitar 44 lukisan milik seniman dari berbagai daerah di Indonesia dipamerkan di lantai 1 Milieu Space mulai kemarin (16/1). Beragam aliran gambar ditampilka­n di co-working space di daerah Surabaya Selatan tersebut hingga 1 Februari mendatang. Mulai realis hingga abstrak. Total ada 13 seniman yang bergabung dalam pameran yang diselengga­rakan Sumi Arts untuk menyambut pembukaan perdana Milieu Space itu. Ada yang berasal dari Jakarta, Padang,

Bandung, dan Jogjakarta.

”Jujur, kami baru kali pertama mengadakan art exhibition di Surabaya. Kami ingin tahu anak-anak muda di sini itu suka seni yang seperti apa. Makanya kami bawa bermacamma­cam aliran lukisan,” kata founder Sumi Arts Mia Sumichan.

Pihaknya yang merupakan private art dealer memiliki misi ingin lebih memperkena­lkan seniman-seniman yang telah bekerja sama dengan Sumi Arts. Selain itu,

Mia ingin memudahkan masyarakat dalam mencari karya seni yang diinginkan. ”Karena banyak juga lho orang yang butuh lukisan untuk dipasang di kantornya, rumahnya, atau untuk investasi,” lanjut Mia. Karena itulah, dalam event pameran selama dua minggu tersebut, Sumi Arts tidak membawa tema lukisan yang spesifik. Ada yang gambar anak-anak, gambar cipratan warna saja, dan ada juga yang tentang psikologi. ”Target

market kami adalah milenial. Makanya lewat ekshibisi ini, kami juga ingin edukasi anak muda bahwa aliran karya seni lukis itu beragam,” tuturnya.

Ada beberapa kriteria yang dimiliki S u m iA r t s dalam memilih seniman untuk diajak pameran. Diantarany­a, harus orisinal, memiliki karakter yang kuat, dan punya nilai dari dalam diri yang bisa dijual. ”Sehingga meskipun dalam pameran ini mayoritas alirannya abstrak, tiap karya memiliki emosi yang berbedabed­a,” jelas Mia.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PROLOGUE: Pengunjung menikmati lukisan yang dipamerkan Sumi Arts di Milieu Space kemarin. Pameran berlangsun­g selama dua minggu.
DIPTA WAHYU/JAWA POS PROLOGUE: Pengunjung menikmati lukisan yang dipamerkan Sumi Arts di Milieu Space kemarin. Pameran berlangsun­g selama dua minggu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia