Jawa Pos

PGN Siap Turunkan Harga Gas

Arcandra Resmi Jabat Komut

-

JAKARTA, Jawa Pos – Mantan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar resmi ditunjuk menjadi komisaris utama (Komut) PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk dalam RUPSLB kemarin (21/1). Arcandra menggantik­an posisi IGN Wiratmaja Puja. Setelah RUPSLB, Arcandra yang mengenakan batik dan jaket PGN menyampaik­an harapanhar­apannya dalam memimpin perusahaan pelat merah tersebut.

’’Dengan penunjukan sebagai komisaris utama, saya berharap bisa menggali potensi-potensi yang dapat ditingkatk­an, baik dari sektor infrastruk­tur maupun beberapa anak usaha hulu dan hilir.”

Arcandra menambahka­n, sebagai sosok baru di PGN, dirinya berharap bisa bekerja sama dengan lebih baik, khususnya dengan jajaran komisaris dan direksi yang sedang menjabat. ’’Saya minta dukungan kepada komisaris yang masih menjabat untuk membangun PGN lebih baik ke depan,’’ ujarnya.

Direktur Utama (Dirut) PGN Gigih Prakoso menegaskan, pihaknya akan berkonsult­asi tentang realisasi rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) 2020 yang di dalamnya berfokus pada beberapa hal. Termasuk penurunan harga gas industri. ’’Tugas PGN bukan hanya business entity, tapi juga harus mendukung penugasan pemerintah, terutama dalam distribusi dan transmisi gas. Salah satu yang ditargetka­n adalah harga gas,’’ jelas Gigih.

Mengenai strategi penurunan harga gas, saat ini PGN mendiskusi­kan beberapa opsi yang bisa dilakukan. Salah satu opsi adalah penerimaan negara bukan pajak (PNBP). ’’Opsi ini bergantung pada kebijakan pemerintah dan SKK Migas. Kami pun telah berdiskusi dengan Kementeria­n ESDM agar bisa mencapai harga gas USD 6 per MMBTU,’’ kata Gigih.

Opsi kedua, domestic market obligation (DMO) dapat membantu mewujudkan harga gas yang tepat sasaran. Kebutuhan gas industri juga diharapkan bisa dipenuhi dari DMO dan harga khusus 320 MMSCFD. Selain itu, impor bisa menjadi opsi atau penyeimban­g jika ditemukan harga jauh lebih kompetitif. ’’Kami akan tetap membuka peluang atau kesempatan bila dimungkink­an dalam impor, dalam memberikan harga khusus untuk sektor industri tertentu,’’ ungkapnya.

Sementara itu, hari ini (22/1) PT Garuda Indonesia Tbk menyelengg­arakan RUPSLB untuk mengisi kursi komisaris utama dan direktur utama. Sebelumnya, Kementeria­n BUMN menjanjika­n bahwa namanama baru yang mengisi perusahaan penerbanga­n pelat merah tersebut diumumkan saat RUPSLB. Dalam beberapa hari terakhir, kabar tentang kandidat pengisi kursi Komut dan Dirut Garuda Indonesia bertebaran.

Untuk kursi Komut, nama Chairul Tanjung diisukan akan menjadi pengganti Sahala Lumban Gaol. Di posisi Dirut, mencuat nama Irfan Setiaputra yang pernah menjabat direktur utama PT Industri Telekomuni­kasi Indonesia (Inti). Namun, saat dimintai konfirmasi tentang nama-nama tersebut, Staf Khusus Kementeria­n BUMN Arya Sinulingga enggan berkomenta­r.

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir hanya sedikit memberikan bocoran bahwa nama-nama yang bakal menjabat Komut dan Dirut Garuda sudah dikantongi. ’’Sesuatu yang menarik (untuk ditunggu pengumuman­nya, Red). Dirut dan Komutnya,’’ katanya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia