Jawa Pos

Sewa Mantan Juara Dunia demi Olimpiade 2032

-

JAKARTA, Jawa Pos – Balap sepeda sama sekali bukan cabor andalan Indonesia di pentas Olimpiade. Bisa dapat tiket saja sebenarnya sudah disyukuri. Para pembalap Merah Putih memang belum mencapai level dunia. Untuk itu, PB ISSI ingin membuat perubahan. Induk organisasi sepeda sport tanah air tersebut ingin bisa bersaing di Olimpiade. Caranya dengan merekrut superkonsu­ltan Frederic Magne.

’’Kami merasa PB ISSI ini di level yang nggak bisa coba-coba lagi. Jadi, kami mencari yang terbaik dari yang terbaik,’’ ucap Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari di kantor NOC Indonesia kemarin.

’’Kita sudah punya velodrom dan trek terbaik di dunia. Begitu juga dengan fasilitas-fasilitas lain. Sekarang tinggal programnya. Kami coba lobi Frederic Magne, mantan direktur World Cycling Center. Dia setuju,’’ papar Okto, sapaan Raja Sapta.

Magne, yang berasal dari Prancis, adalah mantan pembalap trek top. Dia merebut gelar juara dunia tujuh kali. Dari disiplin kirin dan tandem. Pria yang kini berusia 50 tahun itu juga pernah tampil di empat edisi Olimpiade.

Tugas Magne adalah mendesain program yang akan dijalankan ISSI. Mulai rekrutmen sampai mengantark­an lolos kualifikas­i Olimpiade. Targetnya ialah Olimpiade 2032, jika Indonesia berhasil menjadi tuan rumah. ’’Kami sadar balap sepeda itu olahraga yang sangat tidak bisa dilakukan secara instan. Harus by design,’’ jelas Okto.

Magne bukan orang baru bagi ISSI. Dia pernah menangani program beberapa pembalap Indonesia. Sebut saja Elga Kharisma Novanda, Toni Syarifudin, dan Popo Ario Sejati. Tentu dia sudah paham karakter balap sepeda Indonesia. Jika dia bisa membuat program latihan yang mumpuni, PB ISSI tidak perlu jauh-jauh mengirim pelatih menimba ilmu ke luar negeri.

Magne menyatakan komitmenny­a menangani para rider Indonesia. ’’Saya akan mengembang­kan balap sepeda di sini. Saya penyuka tantangan. Saya bisa lihat dunia balap sepeda Indonesia punya potensi yang besar,’’ ujar Magne.

Desain yang direncanak­an Magne itu adalah merekrut pembalap sejak berusia 13 tahun. Diharapkan, ketika menginjak usia 17 tahun, si rider sudah bisa mengikuti ajang Youth Olympic. Lalu, di usia 21 tahun, mereka mampu menembus kualifikas­i Olimpiade Los Angeles. Nah, puncak performany­a diharapkan bisa muncul pada Olimpiade 2032.

 ??  ??
 ?? JAWA POS FILE ?? PENGALAMAN: Tony Syarifudin (kiri) termasuk pembalap yang program latihannya pernah disusun Frederic Magne (inset).
JAWA POS FILE PENGALAMAN: Tony Syarifudin (kiri) termasuk pembalap yang program latihannya pernah disusun Frederic Magne (inset).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia