Jawa Pos

Kapal Terbalik di Labuan Bajo, Rombongan Wartawan Selamat

-

JAKARTA, Jawa Pos – Peristiwa tidak menyenangk­an dialami tujuh wartawan yang biasa ngepos di istana kepresiden­an kemarin (21/1). Dalam kegiatan setelah peliputan di Kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, para jurnalis itu mengalami kecelakaan di laut. Kapal Plataran Phinisi Bali yang mereka tumpangi terbalik di sekitar perairan Pulau Bidadari.

Tujuh wartawan tersebut adalah Edho Ferdihanza­h

(TVRI), Krismastia­nto Baruno Suryokusum­o (Berita Satu TV), Agus Rahmat (Vivanews. com), Lizsa Egeham (Liputan6. com), Desca Lidya Natalia

(LKBN Antara), Nina Susilo

(Kompas), dan Anindyka Pribadi

(SCTV). Untung, seluruh penumpang selamat.

Nina Susilo menceritak­an, peristiwa tersebut di luar dugaan seluruh wartawan. Pasalnya, saat pelayaran, cuaca sangat cerah. Selain itu, jarak dari dermaga Labuan Bajo ke Pulau Bidadari tidak jauh. ’’Namun, setelah putar balik dan berlayar kembali ke tempat awal, tiba-tiba angin kencang datang,’’ ungkapnya.

Melihat cuaca yang mendadak ekstrem, kru kapal cukup sigap. Namun, angin yang datang terlampau besar dan cepat. ’’Kapal oleng, lalu terguling,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretaria­t Presiden Bey Machmudin menjelaska­n, peristiwa tersebut terjadi setelah peliputan kegiatan presiden.

’’Kapal tersebut digunakan oleh Menteri BUMN Erick Thohir serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Senin di Labuan Bajo,’’ jelasnya.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggula­ngan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menyebutka­n, tidak ada penumpang dan kru kapal yang mengalami cedera serius. Mengenai penyebab terbalikny­a kapal, dia menegaskan bukan faktor teknis atau manusia, melainkan cuaca. ’’Penyebab kejadian mungkin gelombang tinggi,’’ tuturnya.

 ?? ISTIMEWA ?? FAKTOR CUACA: Kapal yang dinaiki rombongan wartawan terguling setelah diterjang ombak kemarin.
ISTIMEWA FAKTOR CUACA: Kapal yang dinaiki rombongan wartawan terguling setelah diterjang ombak kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia