Jawa Pos

Wawali Whisnu Garap Soekarno Trip

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kawasan perkampung­an sekitar Jalan Ahmad Jaiz akan jadi wisata sejarah. Terlebih, di kawasan tersebut ada rumah yang merupakan tempat lahir mantan Presiden Soekarno. Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menanggapi secara serius desakan anggota DPR Puti Guntur Soekarno agar kawasan tersebut didapuk menjadi destinasi Soekarno Trip.

Whisnu mengungkap­kan bahwa sudah ada upaya untuk membeli rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pandean. Namun, hingga kini memang belum ada titik terang. ’’Pemilik sebenarnya sudah mau appraisal dan itu harus kami bebaskan,’’ ungkap Whisnu kemarin (21/1).

Pembebasan rumah tersebut sekaligus akan memuluskan rencana untuk mewujudkan Soekarno Trip. Sebagai bagian dari wisata itu, akan ada pemberian edukasi sejarah untuk para wisatawan. Terutama untuk para anak muda Surabaya.

Whisnu membenarka­n bahwa Surabaya sebagai Kota Pahlawan masih kurang memunculka­n karakter maupun simbol kepahlawan­an. Padahal, ada banyak fakta sejarah yang menyebutka­n bahwa Surabaya menjadi salah satu pusaran pergerakan nasional. ’’Jadi, memang harus dibangkitk­an,’’ ungkap Whisnu yang hendak maju pada pilwali Surabaya tahun ini.

Kesiapan untuk lebih meningkatk­an potensi wisata Soekarno Trip itu salah satunya karena

Warga kampungnya juga harus bangkit dan berperan serta. Bisa dengan berbagai cara yang disinergik­an dengan pemkot. Intinya, pemberdaya­an ekonomi dari masyarakat menjadi salah satu fokusnya.’’

WHISNU SAKTI BUANA Wakil Wali Kota Surabaya

adanya kunjungan dari anggota DPR Puti Guntur Soekarno. Puti merupakan cucu mantan Presiden Soekarno. Dia berkunjung pada Senin (20/1). Puti menyebutka­n, Soekarno Trip bisa membangunk­an memori sejarah. Sebab, ada rumah yang menjadi tempat lahir Soekarno. Di kawasan tersebut juga terdapat rumah H.O.S. Tjokroamin­ito yang merupakan salah satu guru Soekarno.

Pengembang­an kawasan itu juga termasuk salah satu blue print pengembang­an Kota Surabaya yang dibuat Whisnu. Blue print tersebut sudah dipaparkan ke sejumlah universita­s dan lembaga untuk mengetahui visi-misinya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia