Jawa Pos

Bikin Jeruk dari Lilin

-

DEKORASI RUMAH: Stephanie Susi (kanan) memoles jeruk bikinannya dengan warna kuning kemarin.

SURABAYA, Jawa Pos – Jeruk-jeruk ditata berjajar. Warnanya kuning, jingga, dan hijau persis seperti jeruk asli. Namun, jika disentuh, strukturny­a lebih keras dan tangkainya terbuat dari sumbu lilin. Jeruk-jeruk tersebut memang terbuat dari lilin. Kreasi lilin itu bisa juga mempercant­ik dekorasi rumah.

Stephanie Susi lebih dulu menciptaka­n cetakan khusus dengan silikon. ”Jadi, jeruk asli dulu dilapisi silicon rubber sampai mengeras. Akhirnya, teksturnya meniru jeruk asli,” ungkapnya. Setelah menciptaka­n cetakan sendiri, Stephanie memanaskan wax bahan lilin.

Cairan tersebut kemudian mulai didinginka­n hingga mencapai suhu 70 derajat Celsius. ”Kalau sudah turun dari 100 derajat, baru siap dituangkan ke cetakan,” tutur pemilik Kay & Me Stories. Saat menuangkan, Stephanie juga menambahka­n parfum sesuai keinginan. Yakni, diberi aroma jeruk alami atau lainnya.

Pengerasan lilin biasanya membutuhka­n waktu hingga satu hari. Selanjutny­a, lilin bisa dicat dengan warnawarna yang diinginkan. Teknik catnya juga tak boleh asal-asalan. Stephanie menggunaka­n dua cara, yaitu dengan kuas atau spons. ”Spons ini kalau misalnya kita mau bikin efek tak rata pada lilin yang rata,” jelasnya. Sementara itu, jeruk yang sudah mempunyai tekstur tak rata bisa langsung dicat dengan kuas.

Cat yang digunakan adalah water based acrylic yang sudah dicampur dengan alkohol 99 persen. Lilin kreasinya itu juga bisa digunakan sebagai tambahan dekorasi Imlek. Sebab, jeruk dipercaya sebagai simbol keberuntun­gan.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ??
RIANA SETIAWAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia