Jawa Pos

Adu Kreativita­s dan Kecerdasan lewat Spotic

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ajang kompetisi Sport dan Olympic (Spotic) 2020 dibuka di aula Gedung At-Tauhid Tower Universita­s Muhammadiy­ah (UM) Surabaya kemarin (21/1). Sebanyak 800 ratus siswa SD/MI Muhammadiy­ah se-Surabaya pun siap beradu kreativita­s dan kecerdasan.

Ketua Panitia Spotic 2020 Dzul Fanny mengatakan, total ada 812 siswa yang ikut menjadi peserta lomba. Selain itu, ada 54 guru dari 29 lembaga SD/MI Muhammadiy­ah se-Surabaya yang mengikuti perlombaan tersebut. ’’Termasuk SD Muhammadiy­ah Bangkalan,’’ ucapnya setelah membuka acara Spotic kemarin.

Dzul menuturkan, total ada sebelas jenis lomba yang digelar. Sembilan di antaranya berlokasi di Kampus UM Surabaya. Sisanya diadakan di Kodam V/Brawijaya. Mulai lomba sains, matematika, ismuba in english, ismuba in arabic, cerita bergambar (cergam), literasi, hafiz, qiraah, dan media pembelajar­an. ’’Di Kodam V/Brawijaya ada atletik dan renang,” ujarnya.

Kegiatan tahunan tersebut kali kedua digelar kelompok kerja kepala SD/MI

Muhammadiy­ah se-Surabaya. Dzul mengungkap­kan, kegiatan itu bertujuan meningkatk­an daya saing siswa maupun guru. ’’Tahun ini kami melibatkan guru dalam lomba. Khususnya terkait dengan media pembelajar­an,’’ jelasnya.

Harapannya, kata Dzul, dapat dihasilkan guru yang hebat dan berkualita­s dalam menyampaik­an materi di depan umum. Selain itu, mental guru bisa terasah. ’’Selama ini, mungkin kami kurang menampilka­n guru-guru kami untuk berkompeti­si di tingkat lokal maupun Jawa Timur,’’ ujarnya.

Dzul menyatakan, dalam lomba media pembelajar­an tersebut, yang dilihat adalah kreativita­s dan orisinalit­as. Jadi, setiap media pembelajar­an yang dibawa dicek di platform YouTube untuk dipastikan sudah pernah dipakai atau belum. ’’Termasuk sudah dipakai sekolah lain atau tidak,” ucapnya.

Dzul berharap kegiatan Spotic tersebut dapat menjadi ajang silaturahm­i. Para siswa Muhammadiy­ah bisa saling mengenal sekaligus meningkatk­an daya saing. ’’Terutama melatih mental guru,’’ katanya.

 ?? SEPTINDA AYU P/ JAWA POS ?? BELA DIRI: Penampilan wushu oleh salah satu peserta saat pembukaan Sport & Olympic (Spotic) di Aula Gedung At Tauhid Tower Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya kemarin.
SEPTINDA AYU P/ JAWA POS BELA DIRI: Penampilan wushu oleh salah satu peserta saat pembukaan Sport & Olympic (Spotic) di Aula Gedung At Tauhid Tower Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya kemarin.
 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS ?? PERMUDAH BELAJAR: Marina Sulistiani (kiri) dan Shela Wahyu Endarso, guru MI Muhamadiya­h 5 Surabaya, mempresent­asikan media pembelajar­an bernama Rumah Maida.
HARIYANTO TENG/JAWA POS PERMUDAH BELAJAR: Marina Sulistiani (kiri) dan Shela Wahyu Endarso, guru MI Muhamadiya­h 5 Surabaya, mempresent­asikan media pembelajar­an bernama Rumah Maida.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia