Jawa Pos

Tingkatkan Kenyamanan Pengunjung Boezem Medokan Ayu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tempat wisata Boezem Medokan Ayu mempercant­ik diri. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUMBP) Surabaya menata kawasan serta menambah beragam fasilitas. Di antaranya, pembuatan paving dan penambahan sarana penunjang lokasi wisata.

Berdasar pengamatan Jawa Pos di lapangan, 20 petugas dari DPUBMP Surabaya memasang paving berwarna merah muda dan abu-abu. Selain itu, mereka memasang fasilitas terop untuk pengguna jalan.

Kabid Perancanga­n dan Pengawasan DPUBMP Surabaya Farhan Sanjaya menuturkan, paving tersebut dipasang sepanjang 200 meter ke arah barat. ”Kami sudah lakukan pemasangan sebelumnya di area timur,” katanya.

Proyek tersebut bakal terus ditambah hingga mencapai pintu masuk boezem. Tapi, prosesnya bertahap. ”Kalau pembuatan terop bagi para pengunjung sudah dilakukan akhir Desember 2019,” ujarnya.

Pembanguna­n juga diikuti penambahan fasilitas seperti meja dan bangku yang bisa digunakan pengunjung yang sedang bersantai. Ada pula tambahan dua buah ayunan di sisi barat. Juga, spot foto rumah burung. ”Kami mengusung tema keindahan dan kenyamanan bagi pengunjung,” katanya.

Lurah Medokan Ayu Ahmad Yardo Wifaqo menjelaska­n perlunya penataan kawasan Boezem Medokan Ayu. Sebab, destinasi wisata tersebut terus menggeliat. ”Mulai dilirik karena banyak fasilitas pendukungn­ya. Selain mangrove, ada wahana sepeda air,” ungkapnya.

Yardo menerangka­n, mayoritas aksesori dan fasilitas baru dibuat dari barang bekas. ”Misalnya, kursi dan meja itu dibuat dari bekas pompa air. Bisa meminimali­sasi biaya,” ujarnya.

 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS ?? DESTINASI WISATA: Pengunjung melewati pemasangan paving dan atap di pintu masuk Boezem Medokan Ayu kemarin.
HARIYANTO TENG/JAWA POS DESTINASI WISATA: Pengunjung melewati pemasangan paving dan atap di pintu masuk Boezem Medokan Ayu kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia