Jawa Pos

Sosialisas­ikan Akupresur dan Toga untuk Pengobatan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Warga RW 04 Sumber Mulyo, Gundih, Bubutan, Surabaya, yang tergabung dalam kelompok asuhan mandiri (asman) kemarin mendapat ilmu pemanfaata­n tanaman obat keluarga (toga) dan akupresur untuk mengatasi batuk dan pilek yang sering muncul di musim hujan.

”Untuk anak balita yang sedang batuk, di mana bagian tubuh yang harus dipijat?” tanya Evanila Krisna Antari, tenaga kesehatan tradisiona­l (nakestrad) Puskesmas Gundih. Para ibu lantas mengacungk­an tangan dan menunjukka­n titik yang dimaksud.

”Betul. Titik itu terletak di punggung tangan, pada tonjolan tertinggi ketika ibu jari dan telunjuk dirapatkan,” jelas lulusan Jurusan Pengobatan Tradisiona­l Universita­s Airlangga itu.

Selain titik tersebut, masih ada titik lagi yang dipijat saat sakit (lihat grafis). Menurut perempuan yang akrab disapa Lala itu, titiktitik tersebut ditekan-tekan 30 kali. Gunakan jari atau alat bantu yang tumpul dan lakukan satu hingga dua kali dalam sehari.

Itu merupakan penanganan awal penyakit atau gangguan yang sekiranya bisa diringanka­n tanpa obat. Selain itu, pijatan akupresur dapat meningkatk­an kadar endorfin dalam tubuh untuk mengurangi rasa nyeri dan menimbulka­n rasa nyaman. ”Bila penyakit tidak kunjung sembuh, silakan dibawa ke dokter,” katanya.

Selanjutny­a, Lala juga mempraktik­kan ramuan toga yang bisa meredakan batuk bagi balita dan orang dewasa. Yang digunakan adalah rimpang kencur. ”Kencurnya itu dibersihka­n. Dikupas, diparut, lalu diperas. Ambil satu sendok makan saja, campur dengan air hangat,” papar Nizmah Fitriana, anggota asman. Konsumsi 4–5 kali sehari.

Kepala Puskesmas Gundih Rahmat Suudi menjelaska­n, melalui poli pengobatan tradisiona­l dan kelompok asman, pihaknya terus menyosiali­sasikan manfaat toga untuk kesehatan. Penggunaan­nya harus sesuai rekomendas­i dari sumber yang dapat dipertangg­ungjawabka­n. Juga, sebisanya menjauhi bahan kimia obat (BKO). ”Intinya tetap bersumber dari petugas kesehatan yang berkompete­n,” katanya.

 ?? AZAMI RAMADHAN/JAWA POS ?? DITEKAN: Evanila Krisna Antari (kanan) dari Puskesmas Gundih memberikan contoh akupresur sederhana untuk mengatasi flu dan batuk.
AZAMI RAMADHAN/JAWA POS DITEKAN: Evanila Krisna Antari (kanan) dari Puskesmas Gundih memberikan contoh akupresur sederhana untuk mengatasi flu dan batuk.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia