Jawa Pos

Muhdlor Simpan Empat Nama, Cak Nur Pilih Mimik Idayana

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Setelah menggelar deklarasi, sejumlah figur calon bupati terus berjuang menghimpun dukungan. Mereka mulai menyeleksi nama-nama bakal pasangan. Kriteria, visi-misi, dan kecocokan tujuan perjuangan menjadi pertimbang­an.

Ahmad Muhdlor Ali, misalnya. Dia telah mengantong­i beberapa calon pasangan. Nama-nama itu tengah ditelaah. Tujuannya, mendapatka­n figur yang sesuai dengan kriteria. Menurut dia, berdasar hasil telaah, ada empat kandidat yang masuk bursa pasanganny­a. ”Nanti setelah resmi, saya sampaikan,” tutur putra KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali).

Dia hanya menyampaik­an latar belakang empat nama itu. Mereka berasal dari unsur Nahdlatul Ulama (NU), birokrat, profesiona­l, pengusaha, serta kader parpol. Pria 29 tahun tersebut menyatakan tak mau memilih kucing dalam karung.

Menurut Muhdlor, kapasitas dan kapabilita­s calon pasangan dicermati. Jam terbang juga menjadi pertimbang­an. Sidoarjo membutuhka­n perubahan. Dia butuh pasangan yang berkualita­s serta berpengala­man.

Setelah proses telaah, timnya menggelar survei. Dia berharap pasanganny­a memiliki daya ungkit untuk menambah dukungan agar menang dalam pilkada.

Kapan nama calon pasangan disampaika­n? ”Ditunggu saja,” ujar direktur pendidikan Sekolah Progresif Bumi Sholawat itu.

Calon lain juga terus bergerak mencari pasangan. Salah satunya, Nur Ahmad Syaifuddin. Politikus PKB tersebut sudah memantapka­n hati untuk ikut berkontest­asi dalam pilkada 2020. Tak sedikit figur yang mendekati Cak Nur.

Mereka berharap untuk digandeng menjadi calon wakil bupati. Sebab, saat ini popularita­s Cak Nur dinilai sedang tinggi-tingginya.

Saat menggelar deklarasi pada 18 Januari, Cak Nur memberikan isyarat untuk memilih satu nama. ”Figur yang saya pilih orang yang memiliki keinginan kuat membangun Sidoarjo,” paparnya.

Figur pilihan Cak Nur santer disebut-sebut adalah legislator Gerindra di DPRD Sidoarjo, Mimik Idayana. Dalam beberapa pertemuan, mereka terlihat tampil bersama. Namun, saat dikonfirma­si, Cak Nur belum memberikan pernyataan jelas. ”Tunggu saja nanti,” jelasnya.

Dia mengaku sudah menyodorka­n pilihannya kepada Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar. ”Saya berupaya agar pilihan saya diterima partai,” ujarnya.

 ?? DOK/JAWA POS ?? Nur Ahmad Syaifuddin
DOK/JAWA POS Nur Ahmad Syaifuddin
 ?? DOK/JAWA POS ?? Ahmad Muhdlor Ali
DOK/JAWA POS Ahmad Muhdlor Ali

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia