Jawa Pos

Mengenal Ritual Yee Sang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perayaan awal Chinese New Year 2020 juga dihelat Hotel Wyndham Surabaya. Dalam acara yang dikemas lunch gathering itu, pihak hotel mengajak seluruh staf berkumpul untuk melakukan yee sang ceremony bersama-sama.

Dalam kesempatan tersebut, mereka diajak mengenal arti-arti setiap makanan yang dicampurka­n. Ritual siang itu dipimpin executive chef Indra Herawan dan specialist Chinese food chef Agus. Jeruk bali, jahe merah, manisan lobak, irisan pepaya muda, irisan bawang putih dan bombai, irisan buah melon, irisan pepaya hijau, irisan timun, biji wijen, manisan kulit jeruk, dan irisan daun jeruk ditata melingkar dengan rapi.

”Warna hijau ini artinya awet muda, merah itu kebahagiaa­n, biji wijen untuk kesuburan, timun buat kebahagiaa­n juga, kalau salmon untuk keberkahan,” terang Indra. Dia menuturkan bahwa masing-masing warna dan masingmasi­ng makanan memiliki arti yang baik. ”Kalau disatukan akan menjadi kesatuan yang komplet dan memiliki arti kemakmuran dalam rezeki, berkah, ilmu, dan jodoh,” sambungnya.

Ketika memasuki tahap mencampurk­an salmon, giliran Supervisor Tangerine Wawan Indra yang memimpin sekaligus menuntun untuk melantunka­n doa-doa. ”Da ji da li. Semoga di tahun ini diberi kesehatan dan kemakmuran,” pimpin Wawan sambil memeras jeruk nipis di atas salmon. Kemudian, ikan salmon tersebut diletakkan di atas wortel sambil mengucapka­n nian nian you yu. Sebuah doa agar diberi rezeki yang tambah banyak dan berlipat ganda.

Ada juga penuangan minyak yang menjadi simbol agar rezeki semakin lancar dan licin seperti minyak. Selain itu, madu dituangkan sebagai pelengkap dengan mengucapka­n tian tian mi mi agar kehidupan keluarga lebih harmonis dan manis.

Terakhir, kulit pangsit kuning menjadi taburan paling atas pada yee sang tersebut. ”Warna kuning ini diibaratka­n emas. Jadi, harapannya di tahun yang baru ini, emas yang kita miliki bisa tambah banyak,” terangnya. Baru saat semua sudah siap, yee sang diaduk dengan sumpit.

 ?? ALLEX QOMARULLAH/JAWA POS ??
ALLEX QOMARULLAH/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia