Jawa Pos

HIJAUKAN PEGUNUNGAN PATIAYAM

-

Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) konsisten dalam upaya memerangi dampak pemanasan global dan terciptany­a lingkungan yang berkualita­s serta berguna bagi makhluk hidup melalui program Djarum Trees for Life. Bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Patiayam Rejo, BLDF akan menghijauk­an kawasan pegunungan Patiayam di wilayah Kabupaten Kudus dan Pati.

penghijaua­n pegunungan Patiayam mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta Kementeria­n Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dalam rangka memperinga­ti Hari Sejuta Pohon Sedunia, dilakukan seremoni penanaman di Bumi Perkemahan Ronggo Kusumo, Desa Klaling, pada Rabu, 15 Januari 2020.

Acara itu dihadiri Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP, Bupati Kudus HM Hartopo ST MM MH, serta Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji. Pada kesempatan itu, Ganjar juga mengajak KTH Patiayam Rejo bersama warga untuk berdiskusi secara langsung membahas kondisi pegunungan Patiayam yang gundul dan rawan bencana.

’’Pegunungan Patiayam ini gundul dan tidak punya tanaman keras. Di sini banyak ditanami pohon singkong yang tidak punya kekuatan seperti pohon berkayu keras tadi untuk menahan air. Karena itu, mulai hari ini kita semua harus menanam dengan benar agar ekosistem ini tidak hancur,’’ ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, program penanaman Djarum Foundation tersebut merupakan salah satu kolaborasi yang baik dalam merawat lingkungan demi kehidupan yang terjamin bagi kelangsung­an hidup anak cucu kita.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan, penanaman dan penghijaua­n kawasan pegunungan Patiayam merupakan tindak lanjut dari keresahan masyarakat setempat akan kondisi lingkungan tempat tinggal mereka yang rawan bencana banjir di musim hujan seperti saat ini.

Seiring berjalanny­a waktu, kawasan Patiayam sampai Gunung Kendeng telah mengalami perubahan tutupan lahan yang sangat pasif. Banyak kawasan yang sudah terkupas sehingga mengakibat­kan permasalah­an baru. Yakni, kekurangan air bersih pada musim kemarau dan sebaliknya ketika musim hujan terjadi banjir bandang.

President Director Djarum Foundation FX Supanji menambahka­n, dengan menanami pohon berkayu keras, air akan mudah diserap dan dialirkan. Juga, memberikan kemakmuran kepada masyarakat, khususnya kawasan Patiayam. ’’Ingat, menjaga keseimbang­an alam dan ekosistemn­ya adalah tugas kita semua. Saya berharap semua pihak ikut mendukung kegiatan ini. Mereka, anak cucu kita, akan terus mengenang kita walaupun kita sudah tiada. Semoga semua usaha penghijaua­n ini mendatangk­an berkah,’’ ungkapnya.

Hingga kini, tercatat ada 3.500 pohon yang sudah ditanam di kawasan pegunungan Patiayam, Jawa Tengah. Semua bibit yang disumbangk­an Djarum Foundation merupakan hasil budi daya dari pusat pembibitan tanaman (PPT) yang dikelola sejak 1979. Selain bantuan bibit dari PPT, Kelompok Tani Hutan Patiayam Rejo mendapat bantuan 10.000 bibit dari PKPLH dan 61.000 bibit dari BPDASHL wilayah Pemali Jeratun. (tih/c15/wir)

 ?? FOTO-FOTO: DJARUM FOUNDATION FOR JAWA POS ?? PENGHIJAUA­N: Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang berada di Kudus digunakan untuk melakukan pembibitan berbagai jenis tanaman.
SIAP TUMBUH: Kondisi lahan gundul di Patiayam, Jawa Tengah.
SEREMONI: Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji (tiga dari kiri) beserta Plt Bupati Kudus Hartopo (kiri) memberikan bantuan bibit secara simbolis kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Patiayam Rejo pada Rabu (15/1).
FOTO-FOTO: DJARUM FOUNDATION FOR JAWA POS PENGHIJAUA­N: Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang berada di Kudus digunakan untuk melakukan pembibitan berbagai jenis tanaman. SIAP TUMBUH: Kondisi lahan gundul di Patiayam, Jawa Tengah. SEREMONI: Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji (tiga dari kiri) beserta Plt Bupati Kudus Hartopo (kiri) memberikan bantuan bibit secara simbolis kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Patiayam Rejo pada Rabu (15/1).
 ??  ??
 ??  ?? SIMBOLIS: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) menanam bibit pohon di Patiayam pada Rabu (15/1).
SIMBOLIS: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (tengah) menanam bibit pohon di Patiayam pada Rabu (15/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia