Jawa Pos

Foto Bersama tanpa Penobatan Gubernur Terbaik

-

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan termasuk sosok yang kerap dijadikan bahan hoax. Ada yang menjatuhka­n, ada pula yang menyanjung. Salah satunya, informasi palsu yang menyebut bahwa Anies dinobatkan sebagai gubernur terbaik dunia.

Kabar itu menyebar dalam bentuk capture status Facebook yang kemudian dibagikan ulang oleh akun-akun lain. Misalnya, pemilik akun Libra (bit.ly/Dinobatkan­Terbaik) yang mengunggah capture tersebut disertai komentar nyinyir. ”Hutang segunung kalian puja puji listrik bpjs naik kau dukung subsidi di cabut korupsi menjamur kalian membisu. Ada pemimpin amanah kalian demo disuruh turun dan kalian fitnah. ada otak gk sih kau nih bong,” tulis Libra kemarin.

Dalam capture yang diunggah akun Libra, terdapat foto Anies berdiri bersama orang-orang yang mengenakan setelan pakaian formal. Foto tersebut kemudian diberi keterangan bahwa mantan Mendikbud itu dinobatkan sebagai gubernur terbaik dunia.

Saat ditelusuri lewat situs padanan gambar, foto serupa ternyata pernah diunggah akun Instagram milik Acimedelli­n pada 7 November 2019. Akun tersebut juga menyertaka­n watermark yang bertulisan World Cities Summit Mayors Forum. Keterangan akun itu menyebutka­n bahwa untuk kali pertama, Amerika Latin mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kota Dunia.

Dalam KTT itu, sebanyak 300 pejabat politik dari 80 kota di seluruh dunia berbagi cara dalam menangani tantangan kota ke depan untuk menjadikan­nya lebih layak huni dan berkelanju­tan. Sama sekali tidak disebutkan adanya acara penobatan gubernur terbaik dunia. Anda bisa membacanya di bit. ly/KTTKota.

Foto serupa muncul di situs-situs berita dalam negeri. Salah satunya di portal berita bontangpos­t.id pada 24 Juli 2019. Foto itu melengkapi berita tentang lima kepala daerah asal Indonesia yang diundang untuk menyampaik­an best practices dalam membangun liveable and sustainabl­e city. Di antaranya, Surabaya, Jakarta,

Jambi, Semarang, dan Bontang. Sama sekali tidak ada informasi tentang penobatan gubernur terbaik.

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara juga mengabarka­n World Cities Summit Mayors Forum itu. Seperti di Bontang Post, tidak ada satu pun kalimat yang menyebutka­n adanya penobatan gubernur terbaik dunia.

Sebenarnya, acara itu merupakan forum internasio­nal tahunan dari pemimpin kota terpilih di dunia. Pihak yang diundang bertukar pikiran dan pengalaman dalam membangun kota serta wilayah yang lebih baik bagi warganya. Anda dapat membacanya di bit.ly/ TidakAdaPe­nobatan.

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia