Jawa Pos

Respons Tren E-Money dengan JatimPay

- (kkn)

BANK Jatim menatap 2020 dengan optimistis. Sebuah rencana bisnis dan aksi keuangan berkelanju­tan yang berpihak kepada seluruh lapisan masyarakat Jawa Timur telah disiapkan. Hal itu selaras dengan dinamika ekonomi global serta arah kebijakan ekonomi pemerintah pusat dan provinsi. Layanan digital banking juga diarahkan untuk mengembang­kan segmen bisnis serta memperluas inklusi keuangan.

Bank Jatim langsung meluncurka­n fasilitas pembiayaan terbaru bernama Kredit Multiguna Elektronik (E-KMG) pada awal 2020. Seremonial­nya berlangsun­g di Golden Tulip, Kota Batu, Selasa lalu (14/01). Fasilitas itu merupakan pengembang­an dari Kredit Multiguna yang sudah ada sebelumnya. Yang terbaru, E-KMG memudahkan permohonan kredit bagi aparatur sipil negara (ASN) aktif atau yang akan pensiun.

Salah satu keberhasil­an pengembang­an di bidang digital banking diwujudkan dengan kehadiran jatimcode. Fitur itu merupakan pengembang­an pembayaran mobile banking melalui scanning QR code. Inovasi itu sekaligus menjadi tindak lanjut program Bank Indonesia yang mewajibkan seluruh penyedia layanan pembayaran nontunai memakai sistem Quick Response Indonesian Standard (QRIS). QRIS merupakan standar QR code untuk pembayaran melalui aplikasi uang electronic server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

Tren uang elektronik juga direspons Bank Jatim dengan menelurkan produk baru di 2020. Upaya itu direalisas­ikan dalam bentuk aplikasi bernama JatimPay. Produk itu merupakan electronic server based milik Bank Jatim yang mempermuda­h dan mempercepa­t transaksi pembayaran tanpa uang tunai. Berbagai fitur seperti transfer dana, penarikan tunai, pembayaran melalui QR code, dan penanganan keluhan pengguna menjadi fitur JatimPay.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia