Jawa Pos

Benahi Saluran untuk Optimalkan Resapan Air

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setelah merombak wajah stadion di kawasan Made Utara dan menambah sejumlah sarana pendukung, pemkot menata jalur saluran di sekitar stadion. Terutama yang berada di sisi timur lapangan.

Dari pantauan Jawa Pos kemarin (22/1), beberapa pekerja tampak melakukan pengerukan dengan menggunaka­n satu alat berat. Mulai sisi selatan hingga utara. Nanti saluran itu diharapkan mampu berfungsi dengan baik untuk mencegah terjadinya genangan ketika hujan turun. Resapan air di lapangan saat hujan pun lebih maksimal.

Pembenahan itu juga meliputi sarana dan prasarana lain. Pemkot telah menuntaska­n pavingisas­i jalan di sisi selatan stadion. Jalan tersebut berdekatan dengan jalur permukiman dan menjadi akses warga.

Setelah stadion itu direvitali­sasi, perbedaann­ya memang cukup mencolok. Sebelumnya, meski masih beroperasi, stadion tersebut tidak nyaman dilihat.

Rumput lapangan menguning. Kini rumput lapangan terlihat hijau. Adanya lampu stadion semakin melengkapi sarana.

Camat Sambikerep Ferdhy Ardiansyah mengatakan, perubahan wajah stadion seluas 10 ribu meter persegi itu memang didasarkan pada keinginan warga sekitar. Mereka ingin penambahan saran pendukung untuk pemain yang bermain di stadion tersebut. Selama ini, sejumlah sekolah sepak bola (SSB) dan warga sering menggunaka­n lapangan itu untuk berlatih. ”Yang jelas, pembanguna­n tahap pertama telah tuntas. Sudah bisa digunakan untuk main bola,” ucapnya.

Selain itu, ke depan muncul wacana tentang penambahan stan dan tribun stadion. ”Kalau itu belum tahu. Kami menunggu informasi lebih dulu dari dinas terkait,” tuturnya. Dia memastikan, jika rencana itu terwujud, pihaknya langsung menginform­asikan kepada warga sekitar. Selain itu, pembenahan dilakukan pada GOR Made yang berdekatan dengan stadion tersebut.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? SISI TIMUR LAPANGAN: Dengan dibantu alat berat, sejumlah pekerja mengeruk saluran di kompleks Stadion Made kemarin (22/1).
RIANA SETIAWAN/JAWA POS SISI TIMUR LAPANGAN: Dengan dibantu alat berat, sejumlah pekerja mengeruk saluran di kompleks Stadion Made kemarin (22/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia