Jawa Pos

Hanya Tinggal Golkar dan PDIP

-

USUL pembentuka­n panitia khusus (pansus) Kali Lamong terus menggelind­ing. Di antara tujuh fraksi di DPRD Gresik, baru lima fraksi yang berkirim surat ke pimpinan dewan. Yakni, Gerindra, Nasdem, Amanat Pembanguna­n (fraksi gabungan PPP dan PAN), PKB, dan Demokrat. Dua fraksi yang belum berkirim surat adalah Golkar dan PDIP.

Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani ketika dikonfirma­si Jawa Pos membenarka­n adanya surat usulan pembentuka­n pansus Kali Lamong dari sejumlah fraksi tersebut. ”Sudah kami terima, nanti kami tindak lanjuti,” ujar wakil rakyat asal PKB daerah pemilihan CermeDuduk­sampeyan itu.

Yani menyebutka­n, sesuai dengan tata tertib (tatib) dewan, pansus dibentuk melalui beberapa tahapan. Pertama, rapat pimpinan dewan. Setelah itu, hasil rapat pimpinan disampaika­n ke badan musyawarah (bamus). ”Untuk diagendaka­n dalam rapat paripurna, yang sekaligus mendengar pendapat dari berbagai fraksi,” jelas politikus muda alumnus Unair itu.

Dia menegaskan, rencana pansus Kali Lamong tersebut jangan dimaknai sebagai tandingan tim pemkab dalam mencari solusi untuk menyelesai­kan banjir Kali Lamong. ”Tugasnya jangan sampai tumpang-tindih, tapi harus bersinergi dengan mengawasi progres tim yang sudah dibentuk bupati,” ungkap Yani.

Dalam rapat paripurna nanti, lanjut dia, pembahasan tentang banjir Kali Lamong harus berdasar. Baik tujuan, target, solusi, maupun segala perhitunga­nnya. ”Jika perlu, para ahli dilibatkan agar pengawasan juga sesuai dengan data dan analisis,” tegasnya.

Jika tidak ada kendala, sambung Yani, rapat paripurna DPRD Gresik yang membahas tentang usulan pembentuka­n pansus Kali Lamong dilaksanak­an sebelum pergantian bulan.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Gresik Eddy Santoso menyatakan, pihaknya mendukung penuh pembentuka­n pansus Kali Lamong tersebut. ”Empat anggota fraksi kami juga berharap pansus bisa segera terbentuk,” katanya.

Fokus utama dari Fraksi Demokrat nanti adalah perencanaa­n kegiatan serta output yang dihasilkan dari pansus. Khususnya tentang pembagian tugas setiap pihak yang menjadi kendala dalam penyelesai­an banjir Kali Lamong. Selain itu, pansus tersebut akan bertugas mengawal dan memantau kinerja tim pemkab. ”Akan kelihatan serius atau tidak dalam menyelesai­kan banjir Kali Lamong ini,” ungkapnya.

 ?? DOKUMEN JAWA POS ?? SUARAKAN ASPIRASI: Aliansi Pemuda Gresik Selatan (APGS) berunjuk rasa ke kantor bupati pada awal bulan lalu (9/1). Mereka minta ada keseriusan penanganan banjir Kali Lamong.
DOKUMEN JAWA POS SUARAKAN ASPIRASI: Aliansi Pemuda Gresik Selatan (APGS) berunjuk rasa ke kantor bupati pada awal bulan lalu (9/1). Mereka minta ada keseriusan penanganan banjir Kali Lamong.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia