Jawa Pos

Peringati Milad Sekolah dengan Bakar Sate Bersama

-

GRESIK, Jawa Pos – Ratusan siswa SMA Muhammadiy­ah 10 Gresik (SMAMIO) ramai-ramai berkumpul di halaman depan sekolah kemarin (22/1). Dari kejauhan, tampak kepulan asap dengan bau khas. Aroma sate. Rupanya, mereka sedang membakar sate di atas pemanggang dengan panjang 22 meter.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara milad SMAMIO yang kelima. Beragam jenis sate dibuat. Bukan untuk dijual. Namun, untuk dikonsumsi bersama-sama. ”Dari aneka bahan daging, olahan, hingga sate berbahan seafood,” terang Noviani Nurkholis, ketua panitia.

Aneka macam sate itu termasuk dari berbagai daerah di Indonesia. Kebetulan para pelajar SMAMIO tidak hanya berasal dari Gresik. Banyak juga yang berasal dari luar daerah. Nah, kegiatan bakar sate ramai-ramai tersebut merupakan wujud kebersamaa­n. Selain itu, sate merupakan makanan khas asli Indonesia yang hampir ada di setiap daerah.

”Memang sengaja kami pilih acara yang sederhana, namun menekankan pada kerja sama tim di setiap prosesnya,” jelas Novi.

Kerja sama itu mulai memilih bahan, merangkai bahan di setiap tusuk, hingga membakarny­a. Setelah itu, sate baru bisa dikonsumsi bersama-sama. Ketika dikonsumsi pun, rasanya belum tentu sesuai harapan. ”Bisa jadi ada yang gosong atau belum matang,” candanya. Nah, dari kegiatan tersebut, para siswa mendapat pelajaran tentang arti berproses dengan sungguh-sungguh. ”Agar tidak mudah puas di zaman yang serbainsta­n ini,” harapnya.

Kepala SMAMIO Isa Iskandar mengatakan, pemanggang sepanjang 22 meter itu memiliki arti hari jadi sekolah. ”Tepatnya, pada 22 Januari, milad kelima. Sekolah ini berdiri pada 2015,” ujarnya.

Untuk memeriahka­n milad, lanjut Isa, juga diadakan berbagai kegiatan. Mulai deklarasi harapan pada kain berukuran 5 meter, pemilihan duta SMAMIO, lomba futsal Fubamio Cup tingkat usia se-Kabupaten Gresik. ”Seluruh kegiatan menekankan pada soft skill para siswa,” ungkapnya.

Dia menambahka­n, semua konsep ide dan gagasan lahir dari anak didiknya. Pembiayaan yang dibutuhkan juga efektif dan efisien untuk meningkatk­an keterampil­an.

Tujuannya, para siswa mampu melihat kesempatan dan kesiapan dalam menjawab tantangan zaman. ”Dalam zaman digital ini, semua akan terlihat datar jika hanya mengikuti arus,” paparnya.

Dalam proses kegiatan belajarmen­gajar SMAMIO, juga ada program unggulan khusus untuk melatih soft skill. Yakni, inspiratio­n class (IC). ”Para pengajarny­a kami datangkan langsung para profesiona­l di bidangnya. Mulai pendakwah, pengusaha, hingga tokoh lainnya. Dengan demikian, bisa menginspir­asi anak-anak,” ungkapnya.

 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? KEBERSAMAA­N: Ratusan pelajar SMAMIO GKB 2 sedang membakar beragam jenis sate untuk merayakan milad ke-5 kemarin.
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS KEBERSAMAA­N: Ratusan pelajar SMAMIO GKB 2 sedang membakar beragam jenis sate untuk merayakan milad ke-5 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia