Jawa Pos

Viaduk Jadi Korban Vandalisme Lagi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Viaduk Kertajaya, Gubeng, masih menjadi sasaran vandalisme. Setelah dibersihka­n Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya, dinding viaduk itu terlihat penuh coretan lagi kemarin (22/1).

Menurut Suseno, warga sekitar, coretan di dinding viaduk sepanjang 12 meter itu ada sejak seminggu lalu.

Terdapat lima titik coretan. Tersebar di bagian utara dan selatan viaduk. ’’Tapi, saya tak tahu pasti nulisnya. Mungkin malam hari,’’ ucap warga Gubeng Kertajaya tersebut. Coretan seperti itu sudah berkali-kali muncul. Isinya kebanyakan huruf-huruf tidak jelas. Juga, beberapa gambar aneh.

’’Saya sering bangun malam karena suara knalpot brong. Kemungkina­n mereka,’’ ujar pria 34 tahun tersebut.

Camat Gubeng Suprayitno bergerak cepat ketika mendapat info tersebut. Mereka langsung memoles dinding itu dengan menggunaka­n cat. ’’Kami juga mengamanka­n beberapa spanduk di sana,’’ tuturnya. Camat Prayit menyatakan repot dengan ulah orangorang tidak bertanggun­g jawab tersebut.

’’Kami akan lakukan operasi senyap. Sembunyi-sembunyi,’’ ujarnya. Kecamatan akan melibatkan petugas deteksi kecamatan, babinsa, babinkamti­bmas, dan pengurus kampung sekitar. ’’Mudahmudah­an bisa ditangkap,’’ ucapnya.

Kepala Bidang Bangunan Gedung DPRKP CKTR Surabaya Iman Krestian Maharhando­no menyatakan akan mengecat ulang bangunan viaduk. Dia bakal berkoordin­asi dengan kecamatan untuk pengawasan. ’’Jika diperlukan, akan kami pasang closed circuit television (CCTV),’’ paparnya.

 ?? ROBERT RISKY/JAWA POS ?? DICORET-CORET: Sejumlah tulisan pelaku vandalisme mengotori viaduk Gubeng. Setiap selesai dibersihka­n, tembok viaduk itu dikotori lagi.
ROBERT RISKY/JAWA POS DICORET-CORET: Sejumlah tulisan pelaku vandalisme mengotori viaduk Gubeng. Setiap selesai dibersihka­n, tembok viaduk itu dikotori lagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia