Jawa Pos

TPS Pandegilin­g Ditutup Minggu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tak lama lagi tempat pembuangan sementara (TPS) di Jalan Pandegilin­g ditutup. Kelurahan dr Soetomo telah melakukan sosialisas­i kepada warga sekitar kemarin (22/1). Dengan demikian, traffic light (TL) pertigaan Imam Bonjol–Pandegilin­g bisa segera difungsika­n.

Camat Tegalsari Buyung Hidayat Rachman mengatakan bahwa penutupan TPS hanya menunggu waktu. Sebab, semua warga dan pendorong gerobak sampah sudah tahu TPS Pandegilin­g ditutup. Pembuangan sementara akan dipindahka­n ke tiga lokasi. Yakni, TPS Pasar Kembang, TPS Kembang Kuning, dan TPS Ketampon.

Saat sosialisas­i, semua sepakat dan menerima penutupan TPS tersebut. Menurut Buyung, rencana itu direalisas­ikan pada Minggu (26/1). Pada hari itu tidak ada lagi warga atau pendorong gerobak sampah yang membuangsa­mpahkeTPSP­andegiling.

’’Sesuai rencana, pemkot menggantin­ya ke tiga TPS baru,’’ ujarnya.

Setelah TPS tersebut ditutup, akan ada koordinasi dengan pihak satpol setempat. Buyung menuturkan, koordinasi itu bertujuan mencegah adanya warga yang tetap membuang sampah di sana. Jika hal tersebut terjadi, area itu menjadi kotor dan kumuh. ’’Juga mengundang masyarakat lainnya membuang sampah di sana lagi,’’ katanya.

Karena itu, akan dipasang spanduk yang berisi sanksi tegas bagi pelanggar. Gerobak dan bak sampah di TPS juga akan dihilangka­n. ’’Kami juga koordinasi dengan dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH),’’ ucapnya.

Buyung menjelaska­n, jika area tesebut bersih, rekayasa lalin di pertigaan Imam Bonjol–Pandegilin­g bisa segera direalisas­ikan mengingat semua sudah terpasang. Termasuk CCTV yang digunakan untuk memantau kondisi lalu lintas sekitar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia