Jawa Pos

Krembung–Prambon Mulus

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Jalan Bulang, Prambon, berlubang-lubang besar. Kondisinya becek dan banyak kubangan. Pengguna jalan sering menyebut jalan itu lebih mirip jalur offroad. Jalur penghubung Krembung dan Prambon tersebut benar-benar menyusahka­n. Tapi, itu gambaran dulu. Sekarang kondisinya benar-benar berbeda.

Jalan Bulang, Prambon, telah ditingkatk­an dari jalan aspal menjadi beton. Berdasar pantauan Jawa Pos kemarin (21/1), kondisi jalan benar-benar mulus. Tidak terlihat lubang-lubang besar. Kecil pun tidak. Karena itulah, banyak pengguna jalan yang justru terkesan lupa diri. Kalau dulu mereka terpaksa pelan-pelan karena harus menghindar­i lubang. Sekarang pengendara suka mengebut.

”Berbahaya karena di sini banyak anak sekolah,” kata Wansiati, pemilik warung di sisi jalan. Dia berharap jalan tersebut segera diberi markah. Salah satunya, peringatan tentang batas kecepatan kendaraan.

Perbaikan Jalan Bulang juga disambut baik warga sekitar maupun pengguna jalan. Muhammad Bangto, warga Bulang, mengatakan, hampir tidak pernah lagi ada kecelakaan di ruas jalan tersebut. Dulu berbeda.

”Sebelum diperbaiki, sering terjadi kecelakaan. Truk ngguling karena as patah,” kata Muhammad. Warga sekitar juga tidak lagi tersiksa oleh debu jalan selama perbaikan. Ruang tamu maupun kursi sering berdebu sampai tebal.

Warga lain, Yusuf Rusdianto, juga berterima kasih kepada Pemkab Sidoarjo. Sebelum Jalan Bulang diperbaiki, pekerja pabrik kayu itu kewalahan kalau berangkat kerja ke Gresik. Jalan terendam air. Lubangnya pun tertutup genangan air hujan. ”Kalau menyalip kendaraan lain, pasti kecipratan kubangan. Kotor semua pakaian,” ungkapnya.

Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Heri Soesanto menyatakan, pembanguna­n infrastruk­tur masih menjadi prioritas Pemkab Sidoarjo. Salah satunya, peningkata­n jalan dari aspal menjadi beton. Pembanguna­n jalan cor dikerjakan simultan. Pemkab akan melanjutka­n pengecoran pada 2020.

 ?? ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? LEMPENG: Ruas Jalan Bulang, Prambon, yang sudah selesai dibeton.
ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS LEMPENG: Ruas Jalan Bulang, Prambon, yang sudah selesai dibeton.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia