Jawa Pos

Klaim Santunan Korban Kecelakaan Bisa Lebih Cepat Cair

-

SURABAYA, Jawa Pos – Polrestabe­s Surabaya meluncurka­n program Traffic Accident Claim System (TACS) kemarin. ”Dengan sistem ini, klaim santunan terhadap korban kecelakaan bisa menjadi lebih cepat,” ujar Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Sandi Nugroho setelah meresmikan sistem tersebut di Gedung Bhara Daksa kemarin (22/1).

Sejumlah perwakilan dari pihak terkait datang dalam acara itu. Mulai Jasa Raharja sampai sejumlah rumah sakit di metropolis. ”Eranya teknologi, semua harus serbacepat,” kata perwira polisi dengan tiga melati di pundak tersebut. Lulusan Akpol 1995 itu menyatakan, jalannya sistem akan meringanka­n beban masyarakat yang memang membutuhka­n. Sebab, mereka mendapat jaminan.

Kasatlanta­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Teddy Chandra memaparkan, teknis penerapan sistem itu cukup simpel. Masyarakat yang menjadi korban kecelakaan bisa membuat laporan di aplikasi Jogo Suroboyo. ”Datanya nanti masuk ke Command Center,” jelasnya. Nah, data tersebut bakal diteruskan ke pihak Jasa Raharja. ”MoUnya sudah, tinggal pelaksanaa­n,” tuturnya.

Selain Jasa Raharja, polisi menjalin kerja sama dengan rumahsakit.Teddymenye­butkan,sementarab­aruduaruma­h sakit yang bergabung. Yakni, RS Bhayangkar­a Polda Jatim dan RS Wiyung Sejahtera. ”Bertahap. Kami harap semua rumah sakit bisa diajak kerja sama,” jelasnya.

Menurut dia, kerja sama dengan rumah sakit sangat penting. Teddy menyatakan, kerja sama dapat membuat pihak rumah sakit memberikan pertolonga­n medis yang dibutuhkan korban kecelakaan. ”Jadi, bisa meminimalk­an fatalitas kecelakaan,” ungkapnya.

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? MEMUDAHKAN: Kombespol Sandi Nugroho dan Kepala Kantor Jasa Raharja Surabaya I Wayan Pinca menandatan­gani kerja sama terkait dengan penerapan program barunya.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS MEMUDAHKAN: Kombespol Sandi Nugroho dan Kepala Kantor Jasa Raharja Surabaya I Wayan Pinca menandatan­gani kerja sama terkait dengan penerapan program barunya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia