Jawa Pos

Lelang Memorabili­a nan Bersejarah

DUNIA MOTORSPORT BERGERAK MEMBANTU BENCANA AUSTRALIA Seperti tenis yang memulai musim kompetisi internasio­nal di Australia, Formula 1 juga bakal menggelar balapan pembuka di Negeri Kanguru tersebut. Dengan kondisi kebakaran semak yang belum teratasi, bint

-

KALENDER balap Formula 1 musim 2020 akan berlangsun­g pada 15 Maret. GP Australia yang berlangsun­g di Melbourne masih menjadi langganan seri pembuka ajang balap mobil termasyhur seantero jagat itu. Merasa harus ambil bagian dari gerakan moral membantu korban kebakaran, F1 mengumumka­n sedang mengoordin­asikan sebuah lelang masal. ’’Dana yang didapat akan disalurkan untuk korban di wilayah terparah terdampak kebakaran,’’ tulis pernyataan resmi Formula 1. Helm replika milik legenda balap Juan Manuel Fangio hingga miniatur mobil balap dilelang pihak F1 untuk mengumpulk­an dana. Selain itu, mereka melelang tiket meet and greet bersama hampir seluruh pembalap dan team principal F1, termasuk juara bertahan Lewis Hamilton dan bos Ferrari Mattia Binotto. Tawaran lelang tiket untuk kunjungan ke markas tim juga datang dari McLaren dan Renault. Termasuk kesempatan berlatih dengan Renault Sport Academy di Albert Park Circuit. Lelang untuk barang dan merchandis­e para pembalap bakal berakhir hingga 16 Februari. Sementara itu, meet and greet dan semacamnya akan selesai lebih awal, yakni pada 9 Februari. Selanjutny­a, hasil lelang tersebut disalurkan lewat empat organisasi nonprofit yang dipilih bersama penyelengg­ara GP Australia. Yakni, Red Cross Australia, Country Fire Authority Victoria, Foundation for Rural and Regional Renewal, dan WWF Australia. Selain itu, ada barang lelang yang dijalankan pihak perseorang­an. Misalnya, knalpot mobil Mark Webber, mantan pembalap F1 asal Australia yang meraih empat kemenangan bersama Red Bull pada musim 2010. Memorabili­a tersebut merupakan milik Ian Baker, CEO World Time Attack Challenge. Dengan segenap relasi yang dimiliki, Ian melelang salah satu koleksinya tersebut. Webber memang tidak menjadi juara musim itu. Dia hanya mengakhiri musim di posisi ketiga setelah rekan setimnya kala itu, Sebastian Vettel, dan Fernando Alonso (Ferrari). ’’Aku pikir ini adalah hal kecil yang bisa aku bantu untuk kebakaran tragis di Australia,’’ ujar Baker sebagaiman­a dikutip Which Car. Dia melelang knalpot bersejarah itu melalui ebay. Hasilnya terjual di angka AUD 3.550 (sekitar Rp 33,1 juta). Lewis Hamilton bergerak lebih dahulu. Dia menyumbang USD 500 ribu (sekitar Rp 6,8 miliar) untuk upaya pemulihan bencana kebakaran di Australia.

 ??  ??
 ?? SUZANNE CORDEIRO / AFP MOHD RASFAN / AFP ?? DIMINATI: Salah satu memorabili­a yang dilelang F1 adalah baju balap bintang tuan rumah Daniel Ricciardo yang membela tim Renault. Sampai saat ini masih menjadi item yang paling diminati.
TERGERAK: Casey Stoner juga merelakan baju balapnya yang bersejarah untuk dilelang.
SUZANNE CORDEIRO / AFP MOHD RASFAN / AFP DIMINATI: Salah satu memorabili­a yang dilelang F1 adalah baju balap bintang tuan rumah Daniel Ricciardo yang membela tim Renault. Sampai saat ini masih menjadi item yang paling diminati. TERGERAK: Casey Stoner juga merelakan baju balapnya yang bersejarah untuk dilelang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia