Jawa Pos

Menjaga Camp Nou Tetap Steril

-

BARCELONA, Jawa Pos – FC Barcelona bak kehilangan taji kala tampil tandang musim ini. Lima kekalahan di semua ajang sejauh ini mereka derita ketika melawat ke kandang lawan. Empat di antara lima kekalahan itu dialami Blaugrana di La Liga. Yang terakhir adalah saat keok 0-2 oleh Valencia pada jornada ke21 La Liga (25/1).

Situasi itu menjadi berbeda saat Barca bertanding di Camp Nou. Mereka tak terkalahka­n dalam 14 laga kandang. Perinciann­ya, 12 menang dan 2 seri. Blaugrana juga nyaris selalu mencetak gol jika bermain di stadion berkapasit­as 99.354 tempat duduk itu. Dari 14 laga, hanya 2 kali Barca gagal mencetak gol di Camp Nou. Yakni, kala menjamu Slavia Praha pada matchday keempat fase grup Liga Champions (6/11/2019) dan El Clasico pada jornada ke-17 (19/12/2019).

Nah, kans melanjutka­n tren tersebut hadir dini hari nanti saat menjamu Levante pada jornada ke-22 (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 03.00 WIB). Levante juga bukan tandingan Barca. Mereka berada di posisi ke-13 dan selalu kalah dalam tiga laga terakhir. Sementara itu, Barca berstatus runner-up dengan 17 poin lebih baik daripada rival sekota Valencia tersebut (43-26).

Kebetulan, kondisi psikis tim asuhan Quique Setien itu membaik setelah kekalahan oleh Valencia. Kemenangan lima gol tanpa balas ke gawang Leganes pada 16 besar Copa del Rey (31/1) menjadi pemicunya. Laga itu juga dihelat di Camp Nou dan menjadi skor kemenangan terbesar Barca sejak dilatih Setien atau setelah empat pertanding­an bersama pelatih baru.

Kemenangan tersebut diraih El Maestro –julukan Setien– dengan mengembali­kan Barca ke formasi empat bek. Sebab, dalam tiga laga sebelumnya, dia selalu menerapkan pola tiga bek. Tetapi, pelatih 61 tahun itu tak menampik bahwa sistem permainan Barca masih akan berubah pada sisa musim ini.

’’Saya ingin menonton pertanding­an ini (melawan Leganes, Red) lagi untuk melihat apakah ada sesuatu yang spesifik yang berjalan baik bagi kami. Strategi kami masih akan berubah-ubah, bahkan untuk bermain dengan tiga bek tengah lagi,’’ ucap Setien kepada Mundo Deportivo.

 ?? JOSEP LAGO/AFP ?? DIGDAYA: Midfielder Barcelona Arthur merayakan gol keempat ke gawang Leganes bersama Frenkie de Jong (kiri) dan Lionel Messi di Camp Nou (30/1).
JOSEP LAGO/AFP DIGDAYA: Midfielder Barcelona Arthur merayakan gol keempat ke gawang Leganes bersama Frenkie de Jong (kiri) dan Lionel Messi di Camp Nou (30/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia