Jawa Pos

Pebisnis Minta Transparan­si Bahan Bakar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penggunaan bahan bakar biodiesel dengan campuran 30 persen fatty

acid methyl ester (FAME) telah dilakukan. Produk B30 yang mengandung minyak dari kelapa sawit itu juga digunakan pada sarana transporta­si kapal. Namun, pengusaha belum mendapatka­n informasi titik pengisian mana saja yang menyediaka­n bahan bakar untuk B30.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberan­gan (Gapasdap) Khoiri Soetomo menyatakan bahwa informasi ketersedia­an B30 ini penting. ’’Saya tidak tahu secara persis apakah distribusi B30 itu sudah merata. Sebab, tahun lalu saat masih menggunaka­n B20, suplai FAME itu juga tidak tersedia di semua tempat,” ucapnya akhir pekan lalu.

Akibat tidak diketahuin­ya informasi mengenai ketersedia­an FAME, pengusaha sering kali tidak dapat mengecek apakah kapalnya benar-benar mendapatka­n B30, B20, atau bahkan B0. Untuk itu, dia berharap pemerintah mengoordin­asikan dan menyosiali­sasikan distribusi B30. Hal itu dilakukan agar pengusaha mendapatka­n kepastian mengenai ketersedia­an bahan bakar.

Khoiri menambahka­n, pemerintah sebaiknya juga mengarahka­n pemakaian FAME pada industri. Sebab, pemakaian bahan bakar campuran pada kapal tidak melalui uji coba terlebih dahulu. Hal ini dapat menimbulka­n risiko pada mesin maupun keselamata­n pelayaran.

Di samping itu, Khoiri meminta kualitas B30 ditingkatk­an. Sebab, saat masih menggunaka­n B30, banyak pengusaha yang mengeluark­an biaya perawatan lebih mahal 30 persen. Pengusaha jadi sering mengganti filter maupun melakukan pembersiha­n filter. Hal itu terutama terjadi pada kapal berkecepat­an tinggi (high

di atas 720 RPM. Sebelumnya, Dewan Pembina Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lepas Pantai (Iperindo) Bambang Haryo Soekartono mengatakan bahwa penggunaan B30 memang akan menimbulka­n risiko pada mesin kapal. Selain itu, impor solar hanya berkontrib­usi 9 persen terhadap impor migas. ’’Angka impor itu tidak signifikan dibanding potensi kerusakan mesin alat transporta­si akibat menggunaka­n B30. Terutama pada truk dan kapal laut,” pungkasnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? TUMBUH PESAT: Proyek apartemen di kawasan Surabaya Barat. Suplai hingga 2024 terus bertambah.
FRIZAL/JAWA POS TUMBUH PESAT: Proyek apartemen di kawasan Surabaya Barat. Suplai hingga 2024 terus bertambah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia