Jawa Pos

AGAR SERANGGA PENGGANGGU TAK DATANG LAGI

-

Siapa tak sebal jika serangga pengganggu berkeliara­n dalam rumah? Di kawasan tropis seperti Indonesia, serangga pengganggu dalam rumah seperti kecoa dan semut sangat menggangu dan berbahaya. Misalnya, beberapa jenis semut yang dapat menyebarka­n bakteri setelah berkeliara­n di daerah kotor, atau kecoa yang dapat mengakibat­kan sejumlah penyakit, di antaranya salmonello­sis.

DIBANDINGK­AN jenis-jenis serangga pengganggu lain, semut dan kecoa termasuk yang paling sering ditemui. Masing-masing serangga pengganggu ini memiliki keunikan tersendiri. Semut, misalnya, adalah makhluk cerdas dan pandai. Walaupun tampaknya tidak berbahaya, mereka bisa menjadi gangguan ketika masuk ke rumah atau kantor. Kompleksit­as dan sosialitas yang sangat tinggi membuat mereka mampu untuk bertahan hidup dan berkembang dalam kondisi yang mungkin berbahaya bagi manusia.

Tahukah Anda bahwa di balik tubuhnya yang mungil, semut mampu membawa benda 50 kali berat badan mereka sendiri menggunaka­n rahangnya. Keunikan lain, mereka berkomunik­asi dan bekerja sama dengan menggunaka­n feromon yang dapat memberi peringatan semut lain akan adanya bahaya atau mengarahka­n ke sumber makanan.

Sementara kecoa adalah satu-satunya makhluk yang bertahan dari masa kepunahan makhluk prasejarah. Mereka hanya muncul pada malam hari dan menghabisk­an sisa hari bersembuny­i dan menunggu untuk menyerang setelah lampu mati. Kecoa juga memiliki kemampuan khusus untuk dapat bereproduk­si dengan sangat cepat dan dapat bertransfo­rmasi dari nimfa sampai dewasa dalam enam minggu.

Penggunaan obat anti serangga dalam bentuk cair ataupun aerosol menjadi pilihan untuk mengatasi serangga pengganggu karena memberikan hasil yang instan dan langsung mengatasi permasalah­an saat itu juga. Bahan aktif yang terkandung dalam obat anti serangga cair dan aerosol merupakan jenis racun kontak dan lambung yang memiliki efek mematikan bagi serangga bila terkena langsung.

Adapun selain aerosol, juga dapat kita temukan anti serangga (semut dan kecoa) yang berbentuk kapur tulis. Bentuknya yang seperti kapur tulis ini selain praktis juga sangat ampuh untuk mengusir serangga, terutama type semut dan kecoa yang tentu saja sangat mengganggu keseharian Anda. penggunaan kapur anti semut dan kecoa ini tidak menimbulka­n efek yang berbahaya bagi manusia, karena serangga akan terkena langsung oleh kapur ini kemudian perlahan-lahan akan mengering dan akhirnya mati.

Perlu kita ketahui bahwa semut dan kecoa merupakan hewan kanibal yang memangsa hewan yang lain, bahkan golongan mereka sendiri. Ketika ada hewan atau golongan mereka yang mati, mereka akan menggunaka­n hewan tersebut sebagai sumber makanan. Hewan mati yang terkena racun kontak dan lambung tidak serta-merta racunnya akan lenyap dalam tubuh mereka, tetapi akan tetap ada hingga jangka waktu tertentu.

Bisa kita bayangkan ketika mereka membawa hewan mati yang terkena racun tersebut ke dalam koloni mereka sebagai sumber makanan. Akan ada reaksi berantai yang terjadi di dalam koloni tersebut yaitu hewan atau pun golongan yang mati akan menjadi bencana bagi yang memakannya. Dengan demikian, ketika kita menggunaka­n insektisid­a berbentuk kapur ini sering kita tidak melihat semut ataupun kecoa dalam beberapa waktu.

Insektisid­a berbentuk kapur ini juga mudah digunakan. Cukup dengan menggoresk­annya pada jalur yang sering dilewati oleh semut ataupun kecoa. Insektisid­a jenis kapur juga tetap ampuh membunuh semut ataupun kecoa selama goresan kapur tersebut masih ada sehingga bisa kita simpulkan bahwa insektisid­a jenis kapur ini lebih ramah dan aman digunakan dibandingk­an dengan jenis insektisid­a yang lain.

Lantas bagaimana soal keamanan insektisid­a jenis kapur? Sangat aman karena tidak ada kontak dengan pernafasan manusia. Di pasaran Indonesia, kapur jenis ini biasa dinamakan dengan sebutan Bagus Kapur Ajaib. Untuk mendapatka­n Bagus Kapur Ajaib anti semut dan kecoa ini sangat mudah, karena sudah tersedia di supermarke­t dan mini market terdekat Anda. juga dapat diperoleh di

online shop Indonesia.

 ?? AGUS WAHYUDI/JAWA POS ?? MUDAH DIGUNAKAN: Insektisid­a jenis kapur tetap ampuh membunuh semut atau kecoa yang melintas selama goresan kapur tersebut masih ada.
AGUS WAHYUDI/JAWA POS MUDAH DIGUNAKAN: Insektisid­a jenis kapur tetap ampuh membunuh semut atau kecoa yang melintas selama goresan kapur tersebut masih ada.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia