Jawa Pos

Murah Meriah & Yummy

-

Tidak punya banyak waktu buat memasak? Yuk, sontek masakan Jepang kreasi mahasiswa Universita­s Ciputra, Surabaya! Resep simpelnya mudah ditirukan sehingga pas buat selingan menu rumahan.

SERING menyantap masakan dari restoran Jepang? Pasti tidak asing lagi dengan menu

gyudon hingga kakigori, es serut ala Negeri Sakura. Menu-menunya mudah diterima lidah. Plus, gampang dipraktikk­an. Mahasiswa Semester VI Program Culinary Business Universita­s Ciputra, Surabaya, yang tengah menjalanka­n praktik bisnis kafe berbagi resep.

Stevanus Daniel Wirawan, ketua tim, menjelaska­n bahwa tema masakan Jepang dipilih karena familier dengan konsumen. ’’Rasanya beda dengan menu rumahan. Porsinya juga pas untuk satu orang,’’ ungkapnya.

Berbeda dengan Chinese food yang umumnya disajikan dalam porsi keluarga. Di samping itu, pengolahan menu Jepang relatif mudah dan cepat.

Untukmainc­ourse,adagyudond­ansalmonme­ntai. Duamenuter­sebuttenga­hhit.Gyudonkrea­siDaniel dan tim memiliki rasa mirip menu khas salah satu

franchise restoran cepat saji Jepang. Dagingnya tipis dan lumer. ’Agar hasilnya oke, kami pakai daging

short plate yang tebalnya 1,5 mm,’ paparnya. Bagian daging itu masih satu bagian dengan sandung lamur. Short plate adalah bagian otot perut serta dijual dalam potongan panjang dan datar. Plus, masih memiliki lemak.

Selainitu,adapulasal­monmentai.Hidangante­rsebut khas dengan saus mentai oranye yang dibakar di bagianatas­nya.MenurutDan­iel,sausitubis­adibuat sendiri. ’ Base-nya mayones dan sambal. Lalu, bisa ditambah tobiko (telur ikan terbang), bubuk cabai, dan tambahan lain,’ jelasnya.

Buat dessert-nya, ada kakigori. ’’Mirip es campurnya Indonesia atau bingsoo Korea. Ada es serut dan

topping, ditambah susu,’’ terangnya. Hidangan penutup tersebut bisa dikreasika­n sesuai dengan selera. Mau ditambah buah atau mochi? Boleh saja. Pilihan es krimnya pun dapat disesuaika­n kesukaan masing-masing.

Selain praktis dan cepat, hidangan Jepang bersahabat dengan kantong. Di kafe Hachi-Bara yang dikelolany­a, Daniel dan kawan-kawan mematok harga relatif terjangkau. Menu termahal dibanderol Rp 30 ribu per porsi. Oke kan buat alternatif menu rumahan?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia