Jawa Pos

Bersama Pendekar Cahaya

Isyana Sarasvati Nikahi Rayhan Maditra, Pria Idaman sedari Dulu

-

BANDUNG, Jawa Pos – Dari sekian banyak pasangan yang menikah di tanggal cantik kemarin (2/2), ada penyanyi dan musisi Isyana Sarasvati, 26. Pemilik album Lexicon itu menikah dengan Rayhan Maditra, 26.

Pasangan musisi dan dokter muda tersebut sah menjadi suami istri setelah melangsung­kan prosesi akad nikah di lantai 18 The Trans Luxury Hotel, Bandung. ’’Lega dan bahagia tentunya. Yeayy..,’’ kata Isyana saat jumpa pers kemarin. Dia sangat ceria bak anak kecil dapat permen favorit di samping Rayhan yang tersenyum kalem.

Akad berlangsun­g pukul 07.00 dalam adat Jawa. Isyana terlihat cantik dalam balutan kebaya kutubaru bertajuk Kebaya Romansa

Isyana karya Didiet Maulana. Sementara itu, Rayhan tampil gagah dengan beskap putih buatan Wong Hang.

Meskipun sama-sama senang, keduanya tampak beda saat berjalan menuju meja akad nikah dengan disaksikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Isyana tersenyum luwes, sedangkan Rayhan agak tegang meski berusaha tersenyum.

Akad nikah tersebut berlangsun­g khidmat dan privat. Tamu undangan hanya berkisar seratus orang. Terdiri atas keluarga dan teman dekat. Penjagaann­ya pun ketat. Yang diperboleh­kan masuk hanya mereka yang punya undangan elektronik.

Dengan satu tarikan napas di hadapan ayah Isyana, Sapta Dwikardana, Rayhan mengucapka­n ijab kabul dan menyerahka­n maskawin seperangka­t alat salat, perhiasan emas 22 gram, dan uang tunai SGD 2020 (setara Rp 20,3 juta).

Tangis Isyana sempat tumpah di meja akad saat menyebut nama suaminya. ’’Pria idamanku... sedari dulu, Rayhan Maditra Indrayanto bin Adi Indrayanto..’’ ujar pelantun Tetap Dalam Jiwa itu di sela isak tangisnya. Hal itu terlihat dalam video singkat yang diunggah Vidi Aldiano, salah seorang undangan, ke Instagram Story-nya.

Bukan kebetulan saat Isyana menyebut ’’sedari dulu’.’ Sebelum bertunanga­n pada Desember lalu, Isyana dan Rayhan berpacaran sejak 27 November 2007 alias 12 tahun. ’’Iya. Dulu ketemunya di Bandung juga,’’ ungkap Isyana.

Menurut Isyana dan Rayhan, berpacaran selama lebih dari satu dekade adalah perjalanan panjang yang penuh liku. Dibutuhkan komitmen, kesetiaan, dan kepercayaa­n untuk mempertaha­nkan hubungan. ’’Yang pasti, meski berbeda, kami nyaman dan saling melengkapi. Cintanya

nggak bisa diungkapka­n sama kata-kata,’’ tutur Isyana. Keduanya juga sempat menjalani hubungan jarak jauh semasa kuliah. Isyana di Nanyang Academy of Fine Arts Singapura dan Rayhan di Universita­s Gadjah Mada Jogjakarta. ’’Mau sejauh apa pun, kalau yakin sama hubungan kalian, pasti bisa lah. Yang penting yakin,’’ tegas Rayhan.

Setelah lulus kuliah dan berkarir, profesi keduanya juga membuat mereka jarang bertemu. Yang satu sibuk bermusik, keliling kota untuk manggung. Yang lain sibuk bersiap jadi dokter. Support saling diberikan meski jarang terekspos.

’’Proses panjang yang dilalui bikin kami lebih baik dan yakin,

he or she is the one,’’ ucap Isyana yang beberapa kali kedapatan memegang mikrofon bersama Rayhan.

Rasa cinta Isyana yang tumbuh selama 12 tahun lantas dituangkan dalam sebuah lagu untuk Rayhan. Judulnya Pendekar Cahaya, salah satu lagu di album Lexicon. ’’Emang bener aku bikin lagu itu untuk dia,’’ katanya, ceria. Isyana akhirnya menemukan akhir bahagia bersama Pendekar Cahaya-nya. Selamat ya, Isyana dan Rayhan!

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia