Jawa Pos

Donasi Tembus Rp 53 Miliar

-

SEPANJANG dua pekan dihelatnya Australia Terbuka, pihak penyelengg­ara menggalang dana lewat program bertajuk Aces for Bushfire Relief. Dana yang didapat akan disumbangk­an kepada korban kebakaran lahan di Australia sekaligus program pemulihann­ya. Kemarin, pada hari terakhir ajang tersebut, panitia mengumumka­n total uang yang telah terkumpul mencapai AUD 5,8 juta (Rp 53,2 miliar).

Jumlah itu berasal dari beberapa sumber. Salah satunya dari jumlah ace yang tercipta sepanjang turnamen. Seperti kesepakata­n yang diumumkan sebelum Australia Terbuka, setiap ace diberi nilai AUD 100 (Rp 915 ribu) oleh penyelengg­ara.

Selain itu, sumbangan datang dari kocek pribadi beberapa petenis. Salah satunya adalah semifinali­s tunggal putra Alexander Zverev. Petenis asal Jerman itu merogoh kocek sampai AUD 50 ribu (Rp 457 juta) untuk disumbangk­an. ”Semoga bisa sedikit membantu,” ucap petenis 22 tahun tersebut seperti dilansir Eurosport.

Danajugadi­dapatmelal­uiajangber­tajuk AustraliaO­penRallyfo­rReliefyan­gdiadakan di Rod Laver Arena pada 15 Januari lalu. Itu adalah acara pertanding­an ekshibisi yang dihadiri bintang-bintang tenis top seperti Serena Williams, Naomi Osaka, Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer.

Hasil penjualan tiket penonton ajang itu disumbangk­an untuk korban bencana kebakaran hutan. Jumlah yang terkumpul dilaporkan mencapai AUD 4,8 juta (Rp 43 miliar). ”Semua orang bersatu untuk membantu. Ini sungguh luar biasa,” ucap Nick Kyrgios, petenis Australia yang juga ambil bagian di ajang tersebut.

 ?? WILLIAM WEST/AFP ?? PEDULI: Caroline Wozniacki beratraksi saat bermain dalam laga amal Rally for Relief untuk menggalang dana bagi korban kebakaran lahan Australia pada 15 Januari lalu.
WILLIAM WEST/AFP PEDULI: Caroline Wozniacki beratraksi saat bermain dalam laga amal Rally for Relief untuk menggalang dana bagi korban kebakaran lahan Australia pada 15 Januari lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia